Kamis 25 Nov 2021 02:50 WIB

10 Kelurahan di Tanjungbalai Terendam Banjir

Tidak ada laporan warga mengungsi akibat banjir tersebut. 

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi banjir. Sebanyak 10 kelurahan di Kota Tanjungbalai, Sumatra Utara, terendam banjir.
Foto: ANTARA/Toni-Relawan
Ilustrasi banjir. Sebanyak 10 kelurahan di Kota Tanjungbalai, Sumatra Utara, terendam banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 10 kelurahan di Kota Tanjungbalai, Sumatra Utara, terendam banjir pada Sabtu (20/11) lalu. Laporan banjir terjadi akibat meluapnya hulu Sungai Asahan, Sungai Bandar Jaksa, dan Sungai Bandar Jepang. 

"Banjir tersebut terjadi setelah hujan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut. Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungbalai bahwa sebanyak 50 unit rumah warga terdampak dengan ketinggian muka air saat kejadian berkisar antara 10 - 20 sentimeter," ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Rabu (24/11).

Baca Juga

Ia menambahkan, 10 kelurahan tersebut adalah Kelurahan Pulau Simardan, Kelurahan Bunga Tanjung, Kelurahan Semula Jadi, Kelurahan Selat Lancang, Kelurahan Selat Tanjung Medan di Kecamatan Datuk Bandar Timur. Selanjutnya di Kelurahan Sijambi, Kelurahan Pahang, Kelurahan Gading, Kelurahan Pantai Johor, dan Kelurahan Sirantau di Kecamatan Datuk Bandar. 

Namun, dia menambahkan, tidak ada laporan warga mengungsi akibat banjir tersebut. Pasca kejadian, dia melanjutkan, BPBD Kota Tanjungbalai telah melakukan pemantauan situasi luapan air di beberapa sungai yang ada di kawasan tersebut.

 

Langkah tersebut diambil untuk mempersiapkan apabila ada kemungkin banjir susulan. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakuman penanganan darurat. Berdasarkan, laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per hari Rabu (24/11), air tercatat nasih menggenangi pemukiman warga di Kecamatan Datuk Bandar.

"Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kota Tanjungbalai berpotensi mengalami hujan ringan sampai sedang hingga tiga hari ke depan," ujar Abdul Muhari.

Menyikapi hal tersebut, ia menyebutkan Kepala BNPB meminta kepada pemerintah daerah khusunya BPBD untuk mempersiapkan langkah-langkah kesiapsiagaan jangka pendek juga jangka panjang. Untuk jangka pendek, Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto meminta pemerintah daerah untuk memastikan kebutuhan dasar warga terdampak dapat terpenuhi. Sementara untuk mitigasi jangka panjang, pihaknya meminta warga dan pemerintah setempat untuk bisa menjaga keseimbangan alam dan lingkungannya masing-masing.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement