Selasa 23 Nov 2021 19:22 WIB

Anak dan Lansia Diminta tak Datangi Kerumunan Saat Nataru

Epidemiolog meminta pemerintah batasi anak dan lansia masuk tempat wisata

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Seorang anak bermain di kawasan Alun-Alun Bandung, Kota Bandung. Epidemiolog meminta pemerintah batasi anak dan lansia masuk tempat wisata saat nataru atau natal dan tahun baru
Foto:

Sementara Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) terpilih Adib Khumaidi dalam Dialog Semangat Selasa KCPEN, Selasa (23/11) menyatakan mendukung langkah pemerintah yang akan menerapkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia selama Nataru. Bahkan, sambung Adib, dalam perumusan kebijakan tersebut sejumlah anggota IDI daerah turut dilibatkan.

"Yang dilakukan mulai dari tingkat pusat sampai tingkat daerah adalah melakukan satu upaya menjaga lonjakan kasus. Walaupun kita sebenarnya tidak berharap ada lonjakan kasus itu," ujar Adib.

Adib mengatakan, dalam situasi pelandaian kasus, kewaspadaan adalah kunci menekan kasus penularan. Menurutnya, peran serta kerjasama masyarakat adalah hal yang utama, termasuk regulator serta kesiapan para tenaga kesehatan untuk terus mempertahankan kondisi ini.

 

"Tiga peran utama dari masyarakat, kemudian dari regulasi pemerintah, juga dari kami tenaga kesehatan. Kalau kita tetap bisa menjaga dengan baik maka potensial dengan kasus yang kita sebut dengan gelombang ketiga, jangan sampai terjadi di Indonesia," kata Adib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement