Rabu 17 Nov 2021 14:11 WIB

Apa Penyebab Tangki Pertamina Terbakar, Polda Jateng: Sabar

Polda Jateng tak mau berspekulasi soal penyebab pasti kebakaran tangki Pertamina

Api melalap kilang minyak milik perusahaan minyak nasional Pertamina, di Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia, Ahad dini hari, 14 November 2021.
Foto:

Sementara, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsa Pandjaitan, menduga kebakaran tangki kilang minyak PT Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, akibat tersambar petir. "Itu karena kemungkinan besar karena thunderstorm yang begitu luar biasa," kata Luhut saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/11).  

Luht memastikan, api yang melahap tangki kilang minyak itu sudah padam. Itu karena, pihak Pertamina langsung bergerak cepat melakukan penanganan pemadaman api. Namun, Luhut juga memastikan akan ada evaluasi yang dilakukan pihak oleh Pertamina terkait penyebab kebakaran. 

Mengingat kebakaran kilang minyak di tahun 2021 juga pernah terjadi sebelumnya. Kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan Indramayu terbakar pada 29 Maret 2021 silam. Dalam insiden itu sebanyak 29 orang mengalami luka ringan, enam luka berat, dan 932 orang mengungsi.

"Iya dulu kan (kebakaran) yang di sini kan yang di Indramayu (Balongan), satu lagi di sana. Tapi saya kira Pertamina cepat sekali menanganinya," ucapnya.

Menanggapi kembali terjadinya kebakaran tangki di area Kilang Pertamina Cilacap, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto meminta adanya investigasi mendalam dan komprehensif.

"Untuk itu harus ada investigasi yang mendalam dan komperehensif untuk mengungkap sebab-musababnya. Apakah karena alam, human eror atau teknikal, bahkan tidak tertutup kemungkinan adanya sabotase," ujar Sugeng kepada Republika.co.id, Sabtu (13/11).

Sugeng juga mengatakan salah satu faktor kebakaran juga disinyalir karena usia kilang yang sudah usang. Apalagi, saat ini faktor eksternal secara cuaca juga berubah sangat signifikan. Hal ini berpengaruh pada ketahanan kilang.

"Baik dari sisi procesing unit sampai pada storagenya. Kilang ini kan sudah berumur tua," ujar Sugeng.

 

Komisi VII DPR RI, kata Sugeng meminta Pertamina segera melakukan investigasi dan audit menyeluruh terhadap sistem keamanan kilang. "Ini harus dilakukan segera dan secara komperhensif mengingat ini sudah berulang," tambah Sugeng.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement