Ahad 14 Nov 2021 22:10 WIB

RSIJ Opersi Bibir dan Lelangit Sumbing Gratis

Dalam bakti sosial ini RSIJ menargetkan melakukan operasi terhadap 25 orang anak

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda
LKC Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan RS Islam Jakarta Cempaka Putih untuk operasi Bibir Sumbing dan Lelangit Sumbing. Pasien yang membutuhkan layanan operasi tersebut dapat menghubungi LKC untuk dilakukan pemeriksaan dan perencanaan operasi oleh tim dokter bedah plastik dari RSIJ Cempaka Putih.
Foto:

Di tempat yang sama, Dokter Bedah Plastik RSIJ, Aditya, mengatakan, memang tidak ada angka yang pasti tapi angka anak yang terlahir sumbing ini diduga banyak. Sudah sejak dulu RSIJ banyak menolong masyarakat yang sumbing.

Ia menerangkan, syarat operasi bibir sumbing minimal anak usia tiga bulan, dan syarat untuk oprasi lelangit sumbing minimal anak usia satu tahun. Jika ada yang ingin mendapatkan layanan oprasi bibir atau lelangit sumbing gratis selama program bakti sosial ini, silahkan hubungi RSIJ Cempaka Putih.

"Operasi sumbing tujuannya simetrisasi bibir untuk mengembalikan fungsi bibir, tentunya untuk bicara dan ngedot, mengembalikan fungsi dengan menyatukan titik-titik anatomis, berarti secara tampilan mendekati normal," ujarnya.

Menurutnya, meski sudah dioperasi, tetap harus melakukan latihan berbicara agar bisa berbicara secara normal. Jadi tidak semata semua itu ditentukan hasil operasi tapi harus dilatih bicaranya juga.

Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon Safari, menambahkan, kegiatan opersi bibir dan lelangit sumbing gratis sangat bagus sekali. Sebab masalah yang bisa timbul akibat bibir atau lelangit sumbing ini banyak sekali.

"Selain masalah kesehatan akibat bibir sumbing, ada masalah psikologis yang sering dialami, tidak hanya oleh anak tapi juga keluarga terutama orang tuanya juga," ujarnya.

Erizon berharap, teman-teman di Puskesmas bisa mencari lebih banyak pasien bibir sumbing untuk dilakukan koreksi dan operasi seperti yang dilakukan RSIJ Cempaka Putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement