Sabtu 13 Nov 2021 22:15 WIB

Gubernur Minta Perantau Minang Jadi Duta Sumatra Barat

Gubernur Mahyeldi menilai perantau dapat memulai upaya kerja sama dua daerah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Reiny Dwinanda
Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah saat berkunjung ke kantor Republika, Jakarta, Jumat (2/4). Mahyeldi menyerukan agar perantau Minang menjadi duta Sumatra Barat.
Foto:

Mahyeldi menilai, kerja sama antar provinsi juga bisa dimulai dan diinisiasi oleh perantau yang pada akhirnya akan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah. Saat ini, menurut Mahyeldi, Provinsi Sumatra Barat dan Riau telah menjalin kerja sama di bidang pertanian, pangan dan pengamanan perbatasan.

Mahyeldi berharap, perantau juga bisa berperan dalam kerangka kerja sama tersebut. Ia menyebut, pasca reformasi, provinsi yang dipimpinnya langsung melaksanakan gerakan kembali ke Nagari. Salah satu tujuannya adalah untuk memaksimalkan potensi di bidang sosial budaya dan juga potensi peran serta perantau dalam mensukseskan pembangunan daerah.

"Ikatan emosional perantau dengan nagari kampung halamannya sangat erat sehingga semua kegiatan yang dilakukan akan selalu mengikutsertakan perantau, termasuk untuk pembangunan," kata Mahyeldi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement