Jumat 12 Nov 2021 22:28 WIB

Digitalisasi Layanan Kesehatan Terus Dikembangkan RS MMC

Fasilitas ini nantinya akan dioperasikan oleh Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.

Pendampingan yang dilakukan dokter kepada pasien Wellness Centre (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Pendampingan yang dilakukan dokter kepada pasien Wellness Centre (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC) berkolaborasi XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions menghadirkan solusi Internet of Things (IoT) "Smart Healthcare". Layanan ini disebut dapat memantau dan mendeteksi kondisi kebugaran seseorang di Wellness Centre RS MMC. 

Solusi IoT dipilih karena dinilai mampu memberikan visibilitas secara langsung di manapun dan kapanpun tanpa terhalang jarak dan waktu. CEO RS MMC Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS mengatakan, melalui langkah ini, pihaknya berusaha menghadirkan nilai tambah bagi seluruh pasien. Salah satunya dengan solusi IoT yang saat ini sudah tersedia. 

Baca Juga

"Dengan adanya perangkat Smart Healthcare di Wellness Centre, diharapkan pasien akan lebih aware pada kondisi tubuhnya masing-masing karena dapat memantau secara realtime. Sehingga, pasien-pasien di Wellness Centre dapat rekondisi tubuh, meningkatkan kebugaran, serta meningkatkan derajat kesehatan pada tubuhnya," kata Roswin dalam kegiatan penandatanganan kerjasama, yang dilakukan bersama Chief of Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, di Jakarta, Jumat (12/11).

Selaras dengan motto utama RS MMC, yaitu mengutamakan mutu dan pelayanan yang berfokus pada pasien, kata dia, dengan adanya kerjasama pengembangan solusi IoT ini diharapkan bisa memberikan pelayanan dan pengalaman kepada para pasien secara lebih komprehensif. 

"Pasien nantinya akan merasakan pelayanan yang lebih lengkap yaitu dengan pendampingan langsung oleh dokter spesialis Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre serta dilengkapi dengan fitur Smart Healthcare yang dapat memantau dan mendeteksi kesehatan pasien," kata dia.

Tujuan utama dari layanan terbaru ini, kata dia, adalah meningkatkan derajat kesehatan para pasien dengan cara meningkatkan kebugaran. Dengan ini, nantinya akan berdampak pada meningkatnya kualitas hidup seseorang serta meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan dari seseorang. 

Fasilitas ini nantinya akan dioperasikan oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga yang mengontrol dan melakukan rekondisi pada pasien. Berbeda dengan pusat kebugaran pada umumnya, kata dia, selain tersedia fasilitas yang serupa dengan gym dan outdoor jogging track, disertai pula dengan pendampingan dan pemantauan langsung oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga. 

Dr. Donny Kurniawan, Sp.KO (K) sebagai Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menambahkan, dibentuknya Wellness Centre ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan seseorang, yaitu dengan meningkatkan kebugaran tubuh. 

“Wellness Centre hadir untuk menjadi solusi yang komprehensif bagi pasien untuk meningkatkan kebugaran sehingga kualitas hidup akan lebih baik dan mereka dapat menikmati, tak hanya di hidup masa kini namun juga kehidupan di masa tua," kata dia.

Adapun Feby Sallyanto mengatakan, komitmen dalam menghadirkan beragam solusi IoT untuk seluruh sektor industri terus dilakukan pihaknya, termasuk juga untuk masuk industri teknologi kesehatan. 

"Smart Healthcare ini merupakan solusi IoT untuk kesehatan yang pertama di Indonesia, yang dibangun bersama oleh XL Axiata Business Solutions dan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement