Kamis 11 Nov 2021 17:12 WIB

Bunda PAUD Kalteng Buka Advokasi dan Koordinasi Bunda PAUD

PAUD juga memegang peranan penting dalam pembangunan suatu bangsa.

Bunda PAUD Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran membuka secara resmi kegiatan Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Kabupaten/Kota. Acara ini dihadiri secara virtual dari ASERNA Rujab Gubernur Kalteng, Kamis (11/11).
Foto: istimewa
Bunda PAUD Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran membuka secara resmi kegiatan Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Kabupaten/Kota. Acara ini dihadiri secara virtual dari ASERNA Rujab Gubernur Kalteng, Kamis (11/11).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA – Bunda PAUD Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran membuka secara resmi kegiatan Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD Kabupaten/Kota. Acara ini dihadiri secara virtual dari ASERNA Rujab Gubernur Kalteng, Kamis (11/11).

Kegiatan ini merupakan program kerja Bunda PAUD Prov. Kalteng dalam rangka Peningkatan Akses dan Penguatan Pendampingan untuk satuan PAUD Tahun 2021. 

Mengawali sambutannya, Bunda PAUD Ivo Sugianto Sabran menyampaikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidak hanya memegang peranan yang penting dalam perkembangan anak pada masa yang akan datang. Akan tetapi juga memegang peranan penting dalam pembangunan suatu bangsa. 

“Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan hak esensial anak yang meliputi hak akan pendidikan, kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan, dan kesejahteraan anak diperlukan pendekatan yang holistik dan integratif dengan melibatkan kerja sama satuan PAUD, keluarga, masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat”, ucap Ivo.

Ivo Sugianto Sabran berharap melalui kegiatan Koordinasi dan Advokasi Bunda PAUD dapat tersusunnya rencana dan program koordinasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten/Kota dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam hal membentuk serta mengesahkan/mengukuhkan Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota di Prov. Kalteng.

“Tidak kalah pentingnya adalah melakukan pendampingan terhadap satuan PAUD agar memiliki layanan PAUD berkualitas dalam perwujudan layanan PAUD Holistik Integratif”, imbuhnya.

Program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) merupakan sebuah upaya Pemerintah untuk menghadirkan layanan yang komprehensif dalam memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini. Program ini hadir sebagai wujud nyata kehadiran negara dalam pemenuhan hak anak. Melalui program ini, diharapkan akan terjadi kerja sama lintas sektoral di pusat dan di daerah dalam pemenuhan kebutuhan esensial anak. Program ini juga merupakan upaya untuk mendorong adanya koordinasi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menghadirkan layanan PAUD-HI di daerahnya masing-masing.

Hadir secara virtual dari tempat masing-masing diantaranya Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Ahmad Syaifudi serta Bunda PAUD Kabupaten/Kota Se-Kalteng.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement