Rabu 10 Nov 2021 01:39 WIB

Batang Targetkan Vaksinasi 30 Ribu Lansia Tuntas November

Menurut Bupati Batang antusiasme warga melakukan vaksinasi menunjukkan tren positif

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Dokter melakukan vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Menurut Bupati Batang antusiasme warga melakukan vaksinasi menunjukkan tren positif. Ilustrasi.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Dokter melakukan vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Menurut Bupati Batang antusiasme warga melakukan vaksinasi menunjukkan tren positif. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah menargetkan pelaksanaan vaksinasi kepada 30 ribu warga lanjut usia (lansia) bisa diselesaikan pada 15-16 November 2021. Saat ini targer vaksinasi masih menyisakan 4.800 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto mengatakan antusiasme warga melakukan vaksinasi kini menunjukkan tren positif. Karena itu pihaknya optimistis target vaksinasi akan tercapai pertengahan November 2021.

Baca Juga

"Alhamdulillah, saat ini pemberian vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 48,85 persen. Saat ini, tinggal menyisakan sekitar 4.800 warga lanjut usia yang rencananya akan dilakukan vaksinasi pada 16 November 2021," katanya, Selasa (9/11).

Menurut Didiet, saat ini stok vaksin yang dimiliki pemkab mencapai 37 ribu dosis yang terdiri atas vaksin Sinovac dan Pfizer. "Karena itu, untuk mengejar ketertinggalan pencapaian vaksinasi bagi lansia, kami akan menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait. Pencapaian vaksinasi ini akan menjadi indikator setiap daerah untuk menurunkan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang kini masih berlevel 3," ungkapnya.

Ia mengatakan saat ini status Kabupaten Batang sudah nol kasus (zero Covid-19). Akan tetapi untuk pencapaian syarat penurunan kategori PPKM belum bisa terpenuhi yaitu dari indikator warga lansia yang belum sepenuhnya mendapat vaksinasi.

"Kami berharap pelaksanaan vaksinasi kepada warga lansia ini bisa berjalan lancar," kata Didiet.

Menurutnya saat ini cakupan vaksinasi dan tingkat kedisiplinan masyarakat mematuhi protokol kesehatan sudah cukup baik sehingga penyebaran kasus Covid-19 dapat ditekan. "Kami mengajak warga terus meningkatkan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan. Demikian pula, bagi warga yang belum vaksinasi agar segera melakukannya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement