Jumat 05 Nov 2021 19:59 WIB

Daop 3 Sediakan 521 Voucer Tiket Gratis

Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Petugas melayani warga yang berpropesi sebagai guru saat mendaftar untuk mendapatkan voucher tiket kereta gratis di Stasiun Gambir, Jakarta.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas melayani warga yang berpropesi sebagai guru saat mendaftar untuk mendapatkan voucher tiket kereta gratis di Stasiun Gambir, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Menyambut Hari Pahlawan pada 10 November 2021, PT KAI Daop 3 Cirebon  menggratiskan tiket KA Jarak Jauh kepada tenaga kesehatan, guru, dan veteran RI. Program itu merupakan bentuk penghargaan KAI kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berbakti kepada masyarakat, baik di masa pandemi maupun di masa kemerdekaan.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengatakan, ada 521 voucher tiket KA gratis yang disediakan PT KAI Daop 3 Cirebon. Yakni, terdiri dari 424 tiket KA kelas ekonomi dan 97 tiket KA kelas eksekutif.

"Voucher tiket KA Jarak Jauh itu dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8 - 30 November 2021," ujar Suprapto, Jumat (5/11).

Adapun yang berhak mendapatkan voucher tersebut adalah guru pendidikan formal untuk anak usia dini sampai tingkat menengah atas atau sederajat, baik negeri maupun swasta, dengan status PNS maupun honorer.

Selain itu, tenaga kesehatan, baik bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, dan sopir ambulance, baik dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit, kecuali dokter. Ditambah lagi, anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

"Voucher dapat diambil mulai 7 - 29 November 2021 di loket atau customer service pada 12 stasiun," kata Suprapto.

Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Medan, Kertapati, dan Tanjung Karang.

Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. Misalnya, pengambilan voucher di Stasiun Cirebon, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Kejaksan.

Suprapto mengatakan, saat pengambilan voucher, calon pelanggan harus menunjukkan identitas asli dan fotocopy identitas/surat keterangan yang menunjukkan mereka adalah guru, tenaga kesehatan, dan veteran. Selama program berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu voucher atau satu kali perjalanan. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan kecuali untuk Veteran RI.

Suprapto menambahkan, voucher gratis tersebut dapat digunakan untuk perjalanan KA ke berbagai tujuan pada periode 8 - 30 November 2021 dengan menukarkan voucher tersebut. Di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, terdapat KA yang menuju Jakarta, Tegal, Purwokerto, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang  dan kota-kota lainnya di Pulau Jawa.

Namun, jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal terbatas. Khusus untuk di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, tersedia voucher untuk kelas ekonomi maksimal  16 – 20  voucher per harinya dan untuk voucher kelas eksekutif sebanyak antara tiga sampai lima  voucher per harinya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement