Selasa 02 Nov 2021 23:15 WIB

Ethiopia Darurat Nasional Siap Perang

Warga Ethiopia diminta untuk bersiaga dan bersiap berperang lawan milisi Tigray.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
 Gambar yang dibuat dari video tak bertanggal yang dirilis oleh Kantor Berita Ethiopia milik negara pada Senin, 16 November 2020 menunjukkan militer Ethiopia berkumpul di jalan di daerah dekat perbatasan wilayah Tigray dan Amhara di Ethiopia. Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed mengatakan dalam sebuah posting media sosial pada hari Selasa, 17 November 2020 itu
Foto:

Amerika Serikat (AS) telah menyerukan gencatan senjata dalam konflik selama setahun yang telah menciptakan krisis kemanusiaan. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah menyatakan kekhawatirannya atas konflik yang meningkat.

Dalam sebuah kicauan, dia mengatakan pertempuran hanya memperpanjang krisis kemanusiaan yang mengerikan di Ethiopia utara. Menurut laporan PBB, ribuan orang tewas dalam perang, jutaan mengungsi dan ratusan ribu menghadapi kondisi kelaparan.

Juru bicara pasukan Tigray Getachew Reda dalam satu kesempatan mengatakan pasukan Tigray tidak mengincar warga sipil, tapi pasukan Ethiopia di wilayah Amhara dan Afar. Meski sejumlah saksi mata mengatakan hal yang sebaliknya.

Pasukan Tigray mengaku menekan pemerintah untuk mencabut blokade total pada bantuan makanan dan kebutuhan dasar di wilayah mereka karena sekitar 400 ribu orang terancam kelaparan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement