Senin 01 Nov 2021 15:43 WIB

Rakernas PDIP akan Bahas Pemilu 2024

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan menggelar Rakernas pada 1 Desember

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Bappilu PDIP Bambang Wuryanto
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Bappilu PDIP Bambang Wuryanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bambang Wuryanto, mengatakan bahwa partainya akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) pada 1 hingga 3 Desember mendatang. Salah satu yang akan dibahas adalah terkait pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Pasti lah (bahas Pemilu 2024). Kalau parpol itu apa sih, salah satu yang paling penting kan elektoral, itu salah satunya ya," ujar Bambang di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/11).

Baca Juga

Dalam Rakernas tersebut, pengurus tingkat pusat, daerah, dan fraksi yang ada di parlemen akan melaporkan hal-hal yang terkait dengan elektoral. Dari laporan tersebut, akan dievaluasi apakah sesuai dengan peta jalan partai yang telah disusun sebelumnya.

"Jadi ada evaluasi kepada fraksi dan kemudian fraksi akan memaparkan roadmapnya sampai kepada Pileg, Pilpresnya. Bahwa apakah itu nanti akan dibahas soal calon, saya kira itu ibu ketum," ujar Bambang.

Adapun terkait pemilihan presiden (Pilpres) 2024, itu merupakan ranah dan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sesuai dengan hasil Kongres V yang digelar di Bali pada 2019.

"Kita ini kan pertai yang taat pada organisasi, keputusan Kongres V di Bali tgl 8-11 Agustus 2019 salah satu poinnya kan menyerahkan Capres-Cawapres ke Ibu Ketum," ujar Sekretaris Fraksi PDIP DPR itu.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkap pihaknya akan segera melaksanakan rapat kerja nasional (Rakernas) yang akan dilaksanakan pada 1-3 Desember mendatang. Megawati pun meminta agar para pengurus daerah segera bersiap. 

Nantinya rakernas akan dihadiri oleh ketua dan sekretaris partai dari seluruh Indonesia.  "Tolong itu dicatat dan dipersiapkan dengan baik, jangan asal datang saja," kata Megawati di hadapan kader PDIP seluruh Indonesia yang hadir secara virtual dalam peresmian Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai secara virtual dari kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, dalam keterangan persnya, Kamis (28/10). 

Selanjutnya, PDIP juga akan menggelar rapat koordinasi khusus yang dihadiri oleh bendahara pengurus partai dari seluruh Indonesia. Hal itu dilakukan agar modernisasi penganggaran di partai bisa berjalan dengan baik. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement