Senin 01 Nov 2021 15:43 WIB

Subsidi Haji Diminta Dihitung Ulang

Subsidi haji yang terlalu besar dinilai akan membahayakan dana jamaah.

Rep: Fuji E Permana/Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Subsidi Haji Diminta Dihitung Ulang
Foto:

Tak hanya itu, nilai subsidi yang terlalu besar juga dinilai akan membahayakan dana atau uang jamaah yang masuk dalam daftar tunggu. Dikhawatirkan, uang tersebut digunakan untuk subsidi haji.

Terkait besaran subsidi haji, ia menyebut nominalnya bisa lebih dari 50 persen dari total biaya haji sebenarnya. "Bisa diatas 60 persen dari total biaya haji," ujar dia.

Dadi Darmadi berharap pemerintah membuka komunikasi kepada publik tentang pelaksanaan haji. Ia menyebut komunikasi ini bisa dimaksimalkan, utamanya oleh BPKH selaku lembaga yang mengelola dana haji.

"Yang sering kali bikin kisruh setiap ada pembahasan soal haji karena sejauh ini komunikasinya masih kurang maksimal. Sehingga, selalu ada pertanyaan dari masyarakat kemana dana haji ini," ujar dia.

Selain membuka komunikasi, ia menyarankan menggunakan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami masyarakat umum. 

Sebelumnya, wacana pengurangan subsidi biaya haji ini pernah disampaikan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Namun demikian, ia menyebut hingga saat ini belum ada pembahasan resmi antara Komisi VIII dengan pemerintah.

photo
Warga melihat miniatur Kabah di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta, Kamis (7/10). Miniatur Kabah tersebut didirikan sebagai fasilitas untuk calon jamaah dari agen perjalanan yang ingin melaksanakan latihan simulasi manasik haji. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement