Ahad 31 Oct 2021 12:05 WIB

Gus Hanies: Desa Wisata Bantu Ciptakan Lapangan Kerja

Rembang menggelar Festival Pokdarwis tingkat provinsi

Rembang menggelar Festival Pokdarwis tingkat provinsi 28-30 Oktober 2021
Foto: Dok Istimewa
Rembang menggelar Festival Pokdarwis tingkat provinsi 28-30 Oktober 2021

REPUBLIKA.CO.ID, REMBANG— Pengembangan sektor pariwisata akan berdampak terhadap perkembangan sektor lain. Keberadaan desa pariwisata ini akan membawa manfaat ke sektor yang lain terutama sektor UMKM.

“Ini akan merasakan manfaat dari desa wisata, berikut dengan penyerapan tenaga kerjanya,” kata Wakil Bupati Rembang, Mochammad Hanies Cholil Barro’, mengatakan kata dia dalam keterangannya, Ahad (31/1).   

Baca Juga

Oleh karena itu pihaknya berharap di masa pelonggaran pembatasan sosial ini sektor pariwisata mampu berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi di masa pandemi. “Di masa pandemi kita sudah bisa memungkinkan pelonggaran di beberapa tempat ini bisa menjadi sarana pemulihan ekonomi selama pandemi,” kata dia.    

Pada 28-30 Oktober Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Rembang menyelenggarakan Festival Pokdarwis tingkat provinsi. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

 

Gus Hanies mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari upaya untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya pariwisata di daerah yang perlu untuk terus dikembangkan. 

“Kepada semua panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini, Jambore Pokdarwis 2021 semoga yang menjadi tujuan acara ini bisa terlaksana dengan baik, dan sesuai dengan tujuannya. kira-kira ini tujuannya menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pariwisata, “kata Gus Hanies.    

Sementara itu, pemenang peringkat kedua, 2 kategori konvensi Karang Jahe Beach, Raudhatul Jannah, mengaku bangga terhadap kegiatan ini dan berharap kegiatan ini terus dilakukan sebagai bagian dari memajukan pariwisata di Jawa Tengah. 

“Karang Jahe Beach sangat senang dan bangga atas mendapatkan konvensi pokdarwis juara dua di ajang Jambore Pokdarwis 2021 ini, semoga kedepannya lebih maju lebih memotivasi anggota kami lebih bergerak dan maju,” katanya 

Sebagai informasi pada penutupan kegiatan Festival Pokdarwis Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini, terdapat 12 Pokdarwis yang memenangkan perlombaan dengan dua kategori, yaitu kategori konvensi dan apresiasi.   

Untuk kategori konvensi dimenangkan oleh Saka Tunggal Banyumas (juara 1), Karang Jahe Beach Rembang (juara 2), Arum Sari Batang (juara 3), Lembah Sari Serang Purbalingga (harapan 1), Sitalang Salatiga (harapan 2), dan Wana Lestari Wonosobo (harapan 3). Sedangkan kategori apresiasi diperoleh oleh Lembah Sri Serang Purbalingga (juara 1), Gendewa Klaten (juara 2), Nirwana Sunrise Magelang (juara 3), Ngrombo Kuncoro Sukoharjo (harapan 1), Bombat Batang (harapan 2) dan Arum Sari Batang (harapan 3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement