Sabtu 30 Oct 2021 13:51 WIB

Batu Penggilingan Berusia Ratusan Tahun Ditemukan di Jaktim

Batu penggilingan tebu berusia ratusan tahun itu ditemukan di trotoar

Rep: Febryan. A  / Red: Bayu Hermawan
Batu penggilingan abad ke-18 yang ditemukan di Jalan TB Simatupang telah dipindahkan ke Balai Budaya Condet, Jakarta Timur, Sabtu (30/10). 
Foto: Humas Pemprov DKI
Batu penggilingan abad ke-18 yang ditemukan di Jalan TB Simatupang telah dipindahkan ke Balai Budaya Condet, Jakarta Timur, Sabtu (30/10). 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menemukan sebuah batu penggilingan tebu, yang diperkirakan berasal dari abad ke-18, di trotoar Jalan TB Simatupang, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Batu yang kini berstatus Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) itu telah dipindahkan ke Balai Budaya Condet, Sabtu (30/10). 

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, mengatakan evakuasi batu tersebut dilakukan pihaknya bersama Pusat Konservasi Cagar Budaya dan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur. "Ini merupakan upaya pelindungan dan penyelamatan agar objek lebih terlindungi, karena selama ini berada di trotoar jalan yang rentan rusak, baik karena cuaca atau tindakan vandalisme," ujar Iwan dalam siaran persnya, Sabtu (30/10). 

Baca Juga

Iwan mengatakan, batu serupa juga ditemukan di Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo. Ditemukan pula lima batu penggilingan di Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. 

Selanjutnya, ujar Iwan, semua batu penggilingan itu akan dikonservasi alias dibersihkan dan diperbaiki bagian-bagiannya yang rusak. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan keterangan terkait batu tersebut sehingga masyarakat yang datang melihat bisa mengetahui sejarahnya. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement