Sabtu 30 Oct 2021 08:35 WIB

RU VI Balongan Gelar Event Goes To Campus

Dalam waktu dekat sebuah kilang Petrokimia juga akan dibangun di Balongan.

General Manager Unit Balongan PT KPI Diandoro Arifian memaparkan, terkait proses bisnis di Kilang Pertamina Balongan.
Foto: Istimewa
General Manager Unit Balongan PT KPI Diandoro Arifian memaparkan, terkait proses bisnis di Kilang Pertamina Balongan.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sebagai perusahaan satu-satunya yang bertugas memenuhi kebutuhan BBM di Indonesia, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terus melakukan pengembangan dan mengupgrade infrastruktur. Langkah ini, guna memenuhi kebutuhan energi dalam negeri terpenuhi, baik pengembangan insfrastruktur yang telah ada (existing) maupun pembangunan insfrastruktur yang baru.

Pengembangan kilang Pertamina dilakukan melalui program Refinery Development Master Plan (RDMP) di beberapa kilang, termasuk Kilang Refinery Unit VI Balongan di Indramayu. Bukan hanya pengembangan kilang, dalam waktu dekat sebuah kilang Petrokimia juga akan dibangun di Balongan.

Dua sektor bisnis dari PT Kilang Pertamina Internasional tersebut diperkenalkan kepada ratusan mahasiswa di Provinsi Jawa Barat melalui event PT KPI Goes to Campus yang digelar secara online, Jumat (29/10/21).

Acara yang digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang tahun yang keempat PT KPI ini, menghadirkan  narasumber Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT KPI Johan NB Nababan, General Manager PT KPI Unit Balongan Diandoro Arifian, serta diikuti lebih ratusan mahasiswa dari Universitas maupun Perguruan Tinggi di Provinsi Jawa Barat dan sekitarnya.

“Dengan melakukan pengembangan kilang nantinya akan membuat kapasitas pengolahan kilang-kilang Pertamina akan meningkat, termasuk Kilang Balongan dari 125 MBSD menjadi 150 MBSD. Sehingga, bisa meningkatkan katahanan energi dalam negeri sekaligus mengurangi impor BBM," kata Direktur SDM dan PB PT KPI Johan NB Nababan dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (30/10).

Dijelaskan Johan, melalui RDMP dan pembangunan insfrastruktur di sektor  Petrokimia ini juga akan meningkatkan daya saing ekspor. "Tak hanya itu, peluang bekerja di Pertamina bagi para generasi muda akan semakin terbuka dengan hadirnya project-project baru di Pertamina," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Unit Balongan PT KPI Diandoro Arifian memaparkan, terkait proses bisnis di Kilang Pertamina Balongan. Kata dia, Kilang Balongan merupakan Objek Vital Nasional (Obvitnas) yang mensupply kebutuhan BBM dan LPG untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Diandoro juga menyapaikan, dalam operasionalnya Kilang Balongan juga tetap memperhatikan aspek tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui program Coprorate Social Responsibility (CSR). Di antaranya menjalankan program pemberdayaan agar bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan  melakukan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan dengan gerakan penanaman pohon. 

“Bukan hanya kelompok masyarakat saja, para pengusaha kecil juga kami beri perhatian melalui program kemitraan agar usaha-usaha  mereka bisa berkembang," ujar dia.

Pada event PT KPI Goes to Campus ini, RU VI juga menghadirkan Psikolog Intan Erlita yang memberikan wawasan dan motivasi cara membentuk Personal Branding kepada para mahasiswa agar menjadi pribadi yang hebat dan penuh percaya diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement