Rabu 27 Oct 2021 22:59 WIB

Hujan Deras, Dua Titik di Sukabumi Dilanda Longsor

Peristiwa tersebut terjadi setelah wilayah Sukabumi diguyur hujan deras.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Bencana longsor (ilustrasi)
Foto: AP/Noah Berger/FR34727 AP
Bencana longsor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak dua kejadian longsor melanda dua titik berbeda di Kabupaten Sukabumi pada Rabu (27/10). Peristiwa tersebut terjadi setelah wilayah Sukabumi diguyur hujan deras.

Dua bencana tersebut terjadi di Kecamatan Kalapanunggal dan Curugkembar. "Longsor menyebabkan satu rumah warga mengalami retakan pada dinding," ujar Petugas Penanggulangan Kecamatan (P2BK) Kecamatan Kalapanunggal, M Riyandi P, Rabu (27/10). Longsor itu tepatnya terjadi pada Rabu sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca Juga

Lokasi bencana terjadi di Kampung Gangsawo RT 15 RW 06 Desa Kalapanunggal, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Di mana pascahujan deras yang mengguyur mengakibatkan tanah terkikis.

Dampaknya kata Riyandi, longsor menyebabkan retakan bangunan dengan panjang delapan meter, lebar dua meter dan tinggi tiga meter dan mengancam satu rumah warga lainnya. Penanganan yang dilakukan yakni memasang pembatas longsoran dengan menggunakan bambu dan karung.

P2BK juga melakukan koordinasi dengan pihak Perangkat Desa, Kecamatan, Babinsa, Babinmas, dan Pol PP. Bencana lainnya yakni longsor di Kecamatan Curugkembar. "Jalan longsor sekitar pukul 16.30 WIB di Kampung Pasir Turaes RT 01 RW 06 Kecamatan Curugkembar," kata P2BK Curugkembar, Suryana. 

Di mana hujan deras mengakibatkan Jalan Kampung Pasir Turaes terputus RT/RW 01/04, Desa Curugkembar Kecamatan Curugkembar longsor. Selanjutnya, P2BK dan Petugas PB Kecamatan dan muspika kecamatan curugkembar assessment ke lokasi kejadian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement