Jumat 08 Oct 2021 18:11 WIB

BPIP: Purna Paskibraka Siap dan Mampu Bumikan Pancasila

Program ini untuk pembumian nilai-nilai Pancasila oleh generasi muda secara masif

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Kedeputian Bidang Pengendalian dan Evaluasi melakukan rapat lintas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam rangka menyusun peta jalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi generasi muda melalui program Paskibraka dan persiapan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila se-Indonesia.
Foto: BPIP
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Kedeputian Bidang Pengendalian dan Evaluasi melakukan rapat lintas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam rangka menyusun peta jalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi generasi muda melalui program Paskibraka dan persiapan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila se-Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Kedeputian Bidang Pengendalian dan Evaluasi melakukan rapat lintas Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam rangka menyusun peta jalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi generasi muda melalui program Paskibraka dan persiapan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila se-Indonesia.

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Dr Rima Agristina mengatakan, terkait PIP bagi Purnapaskibraka ini merupakan langkah yang sudah disusun untuk mempersiapkan bangsa Indonesia dalam mencapai cita-cita bangsa dan membangun Indonesia yang abadi melalui para Purnapaskibraka.

“Program ini dilaksanakan untuk pembumian nilai-nilai Pancasila oleh generasi muda secara lebih masif dengan cara yang kekinian sesuai dengan minat bakat masing-masing para Purnapaskibraka untuk dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Oleh sebab itu tentunya mereka harus kami bekali dulu dengan wawasan kebangsaan dan wawasan nusantara yang utuh untuk merawat kebinekaan dan menjaga Indonesia agar tidak terpecah belah,” jelasnya saat membuka Rapat bersama Kemendagri dan Kesbangpol, Rabu (07/10).

Rima menjelaskan, BPIP masuk pada program Paskibraka bukan hanya terkait masalah kepemudaan, tetapi juga berkaitan dengan Pancasila. Ada harapan kepada generasi muda untuk merepresentasikan kebinekaan. Kesuksesan bukan hanya persoalan baris-berbaris dan mengibarkan bendera, tetapi setelah bertugas mereka melanjutkan tugasnya untuk mencerminkan kebinekaan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.

“Program Purnapaskibraka Duta Pancasila hadir bukan untuk menjadi tandingan dan jangan dibenturkan dengan organisasi lain, ini merupakan wadah para Purnapaskibraka menjalankan tugas secara gotong royong sebagai 'Pandu Ibu Indonesia ber-Pancasila',” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Ditjen Polpum Kemendagri, Drajat Wisnu Setyawan menyampaikan bahwa, menjadi sangat penting bahwa peta jalan sudah harus ada saat Purnapaskibraka mulai bergiat di tengah masyarakat. Peta jalan disusun dengan maksud sebagai acuan dalam pelaksanaan PIP.

“Melalui peta jalan Pembinaan Ideologi Pancasila bagi generasi muda melalui Program Paskibraka tahun 2021-2024 ini, diharapkan setiap kementerian/Lembaga/pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dapat melaksanakan program/kegiatan program ini secara masif dan diacu secara konsisten, sehingga dapat sesuai sasaran yang terpadu, efektif, efisien, dan akuntabel,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat, Drs Sapta Yulianto Dasuki mengatakan bahwa untuk provinsi Jawa Barat telah melaksanakan program-program kegiatan untuk membentuk generasi muda yang berwawasan kebangsaan yang akan dilaksanakan terus ke depannya. Kesbangpol Provinsi Jawa Barat sangat mendukung adanya program PIP kepada Paskibraka dan Purna Paskibraka,” paparnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement