Kamis 07 Oct 2021 14:58 WIB

Gardu Listrik Kebon Jeruk Terbakar, Ribuan Rumah Terdampak

Dari tiga trafo yang ada, satu di antaranya terbakar dan merambat ke perkantoran PLN.

Rep: Ali Mansur/ Red: Friska Yolandha
Kebakaran Gardu Induk Kebon Jeruk.
Foto: Humas PT PLN UID Jakarta Raya
Kebakaran Gardu Induk Kebon Jeruk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gardu Listrik di Jalan Gili Sampeng, Kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Kebun Jeruk terbakar, Kamis (7/10) sekitar pukul 07.20 WIB. Akibat dari insiden tersebut, ribuan rumah di Kebon Jeruk mengalami padam listrik. 

"Sekitar 3.000-an ke atas kalo di rumah itu menggunakan 1.300 watt ya," ujar Kapolres Kebon Jeruk Kompol Slamet Riyadi, Kamis.

Namun saat ini, kata Slamet, pihak PLN sedang menangani padam listrik itu. Dengan adanya tindakan cepat dari PLN itu aliran listrik di kawasan terdampak kembali normal. Kata dia, di tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran itu ada tiga trafo. Tetapi beruntung hanya satu yang terbakar, yakni trafo dua. Kemudian, tapi merambat ke perkantoran PLN yang berada di lokasi. 

"Ada asap yang membubung, sehingga kesigapan dari para karyawan pada keluar. Alhamudulilah beberapa jam berikutnya dapat dipadamkan dan tidak ada korban jiwa," tutur Slamet. 

Peristiwa kebakaran gardu listrik itu dilaporkan ke Damkar DKI Jakarta sekitar pukul 07.25 WIB. Penyebab kebakaran diduga karena arus pendek gardu listrik. Insiden itu kemudian berdampak pemadaman listrik di daerah Kebayoran Lama, Kemanggisan, Meruya, Kedoya, Tanjung Duren, Kebon Jeruk, dan Daan Mogot. 

Selanjutnya, untuk menormalkan aliran listrik ke pelanggannya, PLN memindahkan aliran ke sumber listrik lain. Hingga saat ini, sebanyak 70 persen wilayah yang terdampak disebut telah normal kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement