Ahad 03 Oct 2021 13:59 WIB

Ridwan Kamil Bantu Rancang Kampung Wisata Yoboi Jayapura

Ridwan Kamil mengajak lima orang perwakilan Kampung Yoboi untuk dibina di Jawa Barat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan sambutan saat peresmian Alun-Alun Sorong, Papua, Jumat (1/10).
Foto: Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan sambutan saat peresmian Alun-Alun Sorong, Papua, Jumat (1/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambangi Kampung wisata Yoboi, Sentani, Jayapura, Provinsi Papua dalam kunjungan kerjanya, Sabtu (2/10). Pada kunjungannya tersebut, Ridwan Kamil mengajak lima orang perwakilan Kampung Yoboi untuk dibina di Jawa Barat. Mereka akan diberi pelatihan untuk mengembangkan kampung wisata Yoboi.

Kampung Yoboi sendiri merupakan salah satu dari 50 desa yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kampung ini berada di tepi Danau Sentani. "Ternyata Ketua adatnya alumnus STKS Bandung tinggal 5 tahun di Bandung jadi sangat cinta Jabar, juga Bandung. Memvisikan kampung Yoboi sebagai kampung wisata berkelanjutan sustainable," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil dalam siaran persnya, Ahad (3/10).

Baca Juga

Pembekalan itu, menurut Emil, dari mulai pelatihan membuat sepatu dari eceng gondok, mengolah bambu menjadi produk kriya hingga belajar hidroponik di Lembang. "Ilmu pengetahuan pangan dan berkelanjutan akan kita berikan kepada anak muda mereka pulang membawa kampung itu naik kelas," katanya.

Kemudian, kata Emil, Jabar akan menjadikan mereka salah satu desa binaan melalui orang Papua yang pernah bersekolah di Bandung. "Di sini namanya alumni Bandung. Orang Papua yang pernah sekolah di Jabar dinamakan alumni Bandung," katanya.

Emil juga akan menyiapkan rancangan untuk menunjang pariwisata di Yoboi. Permintaan itu datang dari kepala adat setempat dan Sekda Jayapura. "Mereka minta tolong tambahi desain untuk menguatkan pariwisata seperti Sorong, aaya bikin sketsa dan akan carikan bantuan dukungan untuk pembangunannya," kata Emil.

Sementara menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Dedi Taufik, Papua dan Jawa Barat memiliki daya tarik pariwisata yang mirip. Mulai dari ragam wisata budaya hingga alam. "Bu Sekda (Jayapura) dengan ketua adat Yoboi inginnada peningkatan SDM. Ditangkap pak gubernur supaya ada kerjasama di bidang pariwisata dan SDM. Nanti orang di Yoboi akan dibina di Jabar untuk meningkatkan desa wisata," papar Dedi Taufik.

Dedi mengatakan, pihaknya pun akan merancang MOU untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut. Bukan tak mungkin, akan ada kerja sama saling menguntungkan antara Jabar dan Papua. "Saya pikir kita contoh di Sorong sudah ada tandatangan MOU kaitan di bidang kepariwisataan," kata Dedi.

"Orang Papua menikmati kepariwisataan alam di Jabar, dan orang Jabar menikmati kepariwisataan Papua," katanya.

Dedi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengembangkan 215 desa wisata di Jabar. "Tulang punggung ekonomi ada di kebangkitan desa," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement