Rabu 29 Sep 2021 21:54 WIB

Puan Ingin Perempuan Berkontribusi dan Manfaatkan Teknologi

Teknologi digital sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Mas Alamil Huda
Ketua DPR RI Puan Maharani.
Foto: DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani tak menampik bahwa teknologi digital sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Karenanya, ia ingin seluruh elemen masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara 'Women in Tech: Kepemimpinan Perempuan di Era Digital'. Acara tersebut turut dihadiri Corporate SVP and Director of the Board Huawei Chaterine Chen secara virtual.

"Kita ingin anak-anak kita sudah tahu sejak awal bahwa mereka dapat menggunakan teknologi digital untuk kegiatan-kegiatan produktif, bukan hanya kegiatan konsumtif," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/9).

Kemajuan teknologi digital, kata Puan, memang telah mengubah kehidupan manusia. Terbukti keadaan saat ini masyarakat sering mendengar berbagai sektor kehidupan menggunakan istilah 'go digital'. "Istilah 'go digital' sebagai penanda transformasi digital sedang terjadi secara masif dan cepat," ujar Puan.

 

Namun, di saat bersamaan, timbul cara pandang terhadap perempuan di tengah kemajuan teknologi digital. Di mana perempuan dapat memanfaatkan dan berkontribusi dalam dunia tersebut.

"Bagaimana perempuan dapat menjadi kreator di dunia digital atau bagaimana perempuan-perempuan bisa menjadi leaders di industri teknologi dan digital," ujar Puan.

Perempuan disebutnya juga harus berkontribusi dan ikut memanfaatkan teknologi digital. Tujuannya untuk meningkatkan kelasnya di dunia dalam mendorong kemajuan.

"Kita ingin menujukkan kepada mereka bahwa di dunia yang semakin terdigitalisasi. Perempuan dapat menjadi pemimpin dan dapat menjadi penggerak kemajuan," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement