Senin 13 Sep 2021 20:17 WIB

Pemkot Depok akan Kembangkan Potensi Wisata Situ

Ada 11 lokasi wisata air Situ di Kota Depok yang dikelola Kelompok Sadar Wisata.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas membersihkan Situ Sawangan dari tanaman Azolla pinnata dengan alat berat di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Jumat (22/11/2019).
Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Petugas membersihkan Situ Sawangan dari tanaman Azolla pinnata dengan alat berat di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Jumat (22/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok berupaya mengembangkan potensi wisata air, khususnya Situ yang ada di Kota Depok. Tercatat, wisata air Situ di Kota Depok mencapai 11 lokasi yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

"Terdapat 11 lokasi wisata air Situ yang dikelola Pokdarwis setempat. Pengembangan wisata air yang memanfaatkan lahan Situ sebelumnya sudah memiliki izin dari Balai Besar Waduk dan Sungai Ciliwung Citarum (BBWSCC)," ujar Kasi Pengembangan Destinasi dan Industri Usaha Pariwisata Disporyata Kota Depok, Christine Desima Arthauli di Balai Kota Depok, Senin (13/9).

Baca Juga

Menurut Christine, 11 lokasi tersebut berada di Kelurahan Pengasinan, Sawangan dan Bojongsari, Kalibaru, Cisalak, Curug, dan sejumlah lokasi lainnya. Disporyata Kota Depok mendukung potensi wisata air dengan membantu pengadaan sepeda air. "Sudah ada izin dari BBWSCC dan yang mengelola wisata air di Situ yakni Pokdarwis setempat yang sudah terbentuk. Namun semenjak pemberlakuan PPKM pariwisata di Kota Depok ditutup sementara,” terang Christine.

Dia menjelaskan, selama pemberlakukan PSBB hingga PPKM wisata air di Kota Depok tidak diperkenankan untuk beroperasi, guna memutus mata rantai penularan Covid-19. Sebelum pandemi Covid-19, Situ menjadi lokasi alternatif wisata warga di Kota Depok untuk mengisi hari libur. "Rencananya kami akan memberikan bantuan pengadaan untuk Pokdarwis," ucap Christine.

Christine mengungkapkan, Disporyata Kota Depok akan memberikan pengadaan untuk spot foto di lokasi wisata air. Pengadaan tersebut berupa tulisan, tematik, gambar hewan, dan penunjang lainnya seperti lampu taman.

"Pengembangan wisata air Situ memiliki risiko yang harus diperhatikan dan tidak melupakan fungsi utama di lokasi tersebut. Contohnya, situ merupakan daerah resapan air atau kantong air sehingga pengembangan wisata air tidak boleh menghilangkan fungsi situ. Fungsi utama situ merupakan obeservasi alam dan penyerapan air, dan cadangan air," tuturnya.

Pemkot Depok berencana untuk mengembangkan potensi wisata air lainnya, yakni wisata sungai. Sebelum melakukan pengembangan wisata sungai, diperlukan kesiapan Pokdarwis dalam pengelolaan wisata sungai. "Kami masih menunggu pembentukannya karena kami hanya memfasilitasi wisata sungai, salah satunya di Kelurahan Ratu Jaya," tegas Christine. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement