Sabtu 11 Sep 2021 06:05 WIB

Pulau Jawa dan Bali Miliki Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi

Persentase kasus aktif Covid-19 sejalan dengan persentase kasus meninggal.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Reiny Dwinanda
Juru Bicara Pemerintah untuk  Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkap Pulau Jawa dan Bali masih menjadi penyumbang tertinggi kasus Covid-19, baik pada kasus positif, kesembuhan, kematian, dan kasus aktifnya.
Foto:

Tak hanya itu, Pulau Jawa dan Bali juga menjadi penyumbang tertinggi pada kasus Covid-19 nasional. Posisi dua dan seterusnya secara berurutan ditempati Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua yang berada di urutan terakhir.

"Urutan ini sama dengan urutan penyumbang kematian nasional. Artinya, persentase kasus aktif sejalan dengan persentase kasus meninggal pada pulau-pulau di Indonesia,” jelas Wiku.

Sedangkan untuk peringkat kasus kesembuhan, secara berurutan diduduki oleh Jawa dan Bali, disusul Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, serta Maluku dan Papua. Dari data tersebut disimpulkan bahwa Pulau Jawa dan Bali masih menjadi penyumbang tertinggi kasus Covid-19, baik pada kasus positif, kesembuhan, kematian, dan kasus aktifnya.

Menurut Wiku, hal ini dapat terjadi karena Pulau Jawa dan Bali mendominasi populasi di Indonesia. Di samping itu, di Pulau Jawa terdapat ibu kota negara sehingga aktivitas sosial dan ekonominya cenderung lebih padat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement