Kamis 09 Sep 2021 16:41 WIB

Ini Bantuan Dinsos DKI untuk Warga Jalani Isoman

Bantuan tersebut berupa kebutuhan makan dan minum serta camilan.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Agus Yulianto
Warga yang menjalani isolasi mandiri di Jakarta memperoleh bantuan makan, minuman dan camilan dari Dinas Sosial DKI Jakarta.
Foto: istimewa
Warga yang menjalani isolasi mandiri di Jakarta memperoleh bantuan makan, minuman dan camilan dari Dinas Sosial DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari, mengatakan, pihaknya memberikan dukungan bagi warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) dengan memberi bantuan. Menurut Premi, bantuan tersebut berupa kebutuhan makan dan minum serta camilan bagi mereka yang positif Covid-19 tanpa gejala.

"Kebutuhan pangan atau buffer stock untuk warga yang melaksanakan isoman dan keluarga dalam satu rumah pada lokasi pelaksanaan PPKM berbasis mikro," kata Premi dalam diskusi daring yang diadakan BPSDM DKI, Kamis (9/9).

Dia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta dalam kegiatan penanganan pandemi Covid-19 ini juga memberikan bantuan berupa BST senilai Rp 300 ribu. Nilai itu, belum termasuk beras 10 kilo, dan buffer stock untuk warga isoman di rumah. 

"Kemudian jika bapak ibu tidak bisa masak karena sedang isolasi, bisa mengajukan makanan siap saji kepada para suku dinas di lima wilayah kota. Dinas sosial juga memberikan makan minum dan snack bagi pasien yang dirawat di isolasi terkendali milik pemprov seperti Taman Mini, Graha Ragunan, hotel ataupun lokasi lain yang telah ditetapkan," katanya.

Menurut Premi, bantuan bagi pasien positif Covid-19 OTG di lokasi isolasi milik pemprov, adalah makan siap saji tiga kali sehari selama masa isolasi, air mineral 1,5 liter sebanyak dua botol per hari, dan makanan ringan satu boks sehari.

Sedangkan bagi keluarga yang melakukan isolasi mandiri, jika ada keluarga ataupun tetangga bapak ibu yang melakukan isolasi mandiri di bawah pengawasan puskesmas, bisa mengajukan paket sembako yang terdiri dari beras kualitas premium 20 kg, mie instan satu dus, ikan kaleng sebanyak tujuh kaleng, kemudian minyak goreng dua liter satu buah, dan sekaleng biskuit setara Khong Guan 650 gram.

Dikatakannya, jika ada keluarga atau tetangga yang melakukan isoman di rumah wilayah Jakarta, maka bisa mengajukan bantuan sosial kepada dinas sosial untuk mendapatkan buffer stock sembako tersebut selama 14 hari ke depan. "Ini yang akan kita sosialisasikan lebih," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement