Kamis 02 Sep 2021 03:00 WIB

Ada 7 Vaksin Covid-19, Kemenkes: Mutu Semuanya Terjamin

Ada tujuh vaksin Covid-19 yang telah mendapat EUA dari BPOM.

Vial vaksin Covid-19 isinya telah kosong setelah dipakai dalam program vaksinasi di Depok, Rabu (1/9/2021). Vaksin Covid-19 dari produsen manapun yang telah mendapat EUA dari BPOM terjamin keamanan, efektivitas, dan kualitasnya.
Foto:

Setiap jenis vaksin, menurut Nadia, memiliki karakter masing-masing, misalnya jumlah dosis dan interval penyuntikan. Meski dalam proses pembuatan vaksin memiliki perbedaan platform, seperti inactivated virus, berbasis RNA, viral-vector, dan sub-unit protein, namun semuanya sudah dipastikan keamanannya dan efektivitasnya dalam melindungi penerima manfaat dari kondisi kesakitan bahkan kematian akibat Covid-19.

photo
Perkembangan uji coba vaksin Covid-19. - (Republika)

Nadia mengatakan, sejak Agustus 2021, laju suntikan di Indonesia meningkat hingga 1 juta per hari. Angkanya bahkan pernah mencapai angka 1,7 juta dosis penyuntikan per hari.

"Akan kita teruskan untuk meningkatkan laju vaksinasi pada bulan September sejalan dengan bertambahnya jumlah vaksin yang akan kita distribusikan rata-rata delapan sampai 15 juta dosis ke daerah," ujarnya seraya menyebut total 144 juta dosis vaksin telah didistribusikan kepada pemerintah daerah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement