Selasa 31 Aug 2021 19:22 WIB

Tetap Waspada, Kasus Harian Covid-19 Kembali di Atas 10 Ribu

Jokowi meminta masyarakat tetap waspada di tengah tren penurunan kasus Covid-19.

Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga saat pelaksanaan vaksinasi massal untuk masyarakat umum di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (31/8/2021). Paguyuban Sinarmas Sumatera Selatan bekerjasama dengan Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Selatan, Pemerintah Kota Palembang, Dinas Kesehatan Palembang, Dinas Kehutanan Sumatera Selatan, organisasi forum DAS Sumatera Selatan menggelar vaksinasi massal untuk 1.048 orang warga yang belum mendapatkan vaksinasi, sebagai usaha pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok di tengah mewabahnya COVID-19.
Foto:

Selain kasus aktif yang masih tinggi, Wiku juga menyebut, presentase angka kematian di Indonesia saat ini masih konsisten berada di atas persentase kematian dunia sejak Juli 2020. Per 29 Agustus, presentase angka kematian di Indonesia tercatat berada pada 3,24 persen, lebih tinggi dari persentase di dunia yang sebesar 2,08 persen.

Upaya untuk menekan angka kasus kematian inipun masih menjadi PR besar pemerintah dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

“Sayangnya, masih ada tugas besar yang perlu terus menjadi perhatian kita bersama yaitu angka kematian,” ujar Wiku.

Satgas mencatat angka kematian nasional disumbangkan dari 10 provinsi dengan jumlah kasus meninggal tertinggi. Yakni Jawa Timur dengan 1.214 kematian, Jawa Barat sebanyak 922, Jawa Tengah sebanyak 530, Bali sebanyak 329, Sumatera Utara sebanyak 222, Kalimantan Timur sebanyak 213, DIY sebanyak 206, Riau sebanyak 193, Lampung sebanyak 179, dan Kalimantan Selatan sebanyak 150.

“Kesepuluh provinsi ini menyumbangkan 75 persen dari total kematian nasional pada minggu ini,” ucap dia.

Sementara itu pada kasus kesembuhan, Satgas mencatat persentase kesembuhan di Indonesia per 29 Agustus mencapai 91,42 persen, lebih tinggi dibandingkan dunia yang sebesar 89,36 persen. Wiku pun mengapresiasi 10 provinsi dengan angka kesembuhan tertinggi mingguan, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, DIY, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Riau, dan Kalimantan Selatan.

“Kesepuluh provinsi ini menyumbangkan 68 persen dari total kesembuhan nasional,” jelas dia.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengingatkan agar semua pihak harus meneruskan ikhtiar dan menjaga tren positif penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Angka positivity rate, misalnya, sekarang sudah cukup rendah yakni 12,3 persen, tetapi masih harus diturunkan hingga di bawah 5 persen," kata Sonny dalam keterangannya, Selasa (31/8).

Sonny menekankan, disiplin protokol kesehatan (prokes) oleh masyarakat sangatlah penting. Belajar dari negara-negara lain, seringkali terdapat lonjakan kasus ketika penerapannya dilonggarkan.

“Sementara, mutasi virus baru muncul ketika terjadi lonjakan kasus. Varian baru virus ini berpotensi mengganggu efektivitas vaksin. Karena itu, kita harus berupaya agar lonjakan kasus tidak terjadi, dengan cara mempertahankan protokol kesehatan,” katanya.

Pada Senin kemarin, Presiden Jokowi memutuskan tetap memperpanjang kebijakan PPKM meskipun perkembangan kasus Covid-19 semakin menunjukan tren penurunan. Perpanjangan PPKM ini mulai berlaku pada 31 Agustus hingga 6 September 2021.

Dalam perpanjangan kebijakan ini, pemerintah memutuskan Semarang Raya untuk turun ke level 2. Sedangkan wilayah aglomerasi lainnya di Pulau Jawa dan Bali, seperti aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, Malang Raya, dan Solo Raya masuk ke level 3.

“Untuk wilayah Jawa Bali, terdapat penambahan wilayah aglomerasi yang masuk ke level 3 yakni Malang Raya dan Solo Raya. Sehingga wilayah yang masuk ke dalam level 3 pada penerapan minggu ini adalah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya, Malang Raya, dan Solo Raya,” jelas Jokowi dalam pernyataannya, Senin (30/8).

 

photo
Tips ibu hamil tetap sejuk di tengah cuaca panas. - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement