Selasa 31 Aug 2021 07:53 WIB

The Suicide Squad Raih Pendapatan Lebih dari Rp 2 Triliun

Performa The Suicide Squad di pasar perfilman di luar AS dianggap lebih baik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Film The Suicide Squad telah melampaui pendapatan
Foto: Warner Bros Pictures/DCEU
Film The Suicide Squad telah melampaui pendapatan

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film The Suicide Squad telah melampaui pendapatan 100 juta dolar AS di box office internasional. Selama akhir pekan lalu, penghasilan film secara global mencapai 154,6 juta dolar AS (setara dengan Rp 2,21 triliun).

Penghasilan film di Amerika Serikat dan Kanada tercatat 52,8 juta dolar AS (sekitar Rp 757,3 miliar). Dari penayangan di luar teritori tersebut, film telah meraup total 101,8 juta dolar AS (setara dengan Rp 1,45 triliun).

Dilansir laman Collider pada Selasa (31/8), sinema arahan sutradara James Gunn yang diadaptasi dari DC Comics itu tayang di 6.530 bioskop di 73 negara. Pendapatan terbilang cukup baik mengingat perilisan masih di tengah pandemi, meski belum menutup anggaran film sebesar 185 juta dolar AS.

Angka itu membuat The Suicide Squad ada di posisi kedelapan di antara sejumlah film AS yang telah rilis sejak awal 2021. Berdasarkan data Box Office Mojo, judul lain dalam delapan besar adalah F9, Godzilla vs Kong, Black Widow, A Quiet Place II, Cruella, Jungle Cruise, dan Space Jam 2.

Performa The Suicide Squad di pasar perfilman di luar AS dianggap lebih baik. Peringkatnya ada di posisi keenam, dalam deretan judul yang sama seperti tadi, tetapi mengalahkan pendapatan Jungle Cruise serta Space Jam 2.

Ada kecenderungan sinema Amerika yang lazimnya mendapat penerimaan baik di luar negeri. Biasanya, itu adalah film aksi yang disertai banyak adegan laga atau sinema komedi dengan slapstick dan dialog ringan.

Genre laga atau komedi membuat perbedaan bahasa menjadi kurang signifikan. Penonton yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris jadi tidak terkendala dalam penerjemahan sehingga lebih mudah untuk menikmati film.

The Suicide Squad yang penuh adegan laga tentu punya nilai plus sehingga wajar jika penerimaannya cukup baik. Menarik pula melihat dialog jenaka dan lapisan emosional dalam subplot film bisa dimaknai oleh pemirsa internasional. 

Hingga kini, The Suicide Squad masih diputar di bioskop sejumlah negara di dunia. Film juga tersedia untuk ditonton secara streaming di HBO Max sampai 5 September 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement