Sabtu 28 Aug 2021 20:02 WIB

Sandiaga Uno Ikut Berduka Mantan Wagub Sumbar Meninggal

Sandiaga menilai Nasrul Abit telah berbuat banyak untuk memajukan perekonomian.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.
Foto: Republika/Mimi Kartika
Mantan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA PULUH KOTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, turut berduka begitu mendengar kabar mantan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit hari ini, Sabtu (28/8). Sandi dan Nasrul sama-sama kader Partai Gerindra.

"Kami sesama Partai Gerindra, sangat berduka. Bapak Nasrul Abit, orang baik. Sosok yang lemah lembut," kata Sandiaga kawasan Wisata Saribu Gonjong, Kabupaten 50 Kota, Sumatra Barat, Sabtu (28/8).

Baca Juga

Sandi menyebut Nasrul Abit juga merupakan Dewan Pembina Desa Kreatif Indonesia. Sejak menjabat sebagai bupati Pesisir Selatan hingga Wagub Sumbar, menurut Sandi, Nasrul telah berbuat banyak untuk memajukan perekonomian, kesejahteraan dan sektor pariwisata. Sandi menyebut, Nasrul juga dikenal baik dan dekat dengan masyarakat.

"Saya sangat bersedih. Semoga beliau khusnul khotimah," ucap Sandi.

Selain dalam aktivitas pemerintahan, Sandi dan Nasrul kerap berkolaborasi dalam hal politik. Saat Sandi menjadi calon wakil presiden di Pilpres 2019, Nasrul yang saat itu merupakan Ketua DPD Gerindra Sumbar secara total dalam pemenangan Prabowo-Sandi di Sumbar.

Pada Pilkada 2020, Sandi juga turut jadi juru kampanye untuk Nasrul Abit dalam Pilgub Sumbar.  Nasrul Abit menghembuskan napas terakhir pada pukul 01.39 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil, Padang. Nasrul sudah hampir sepekan dirawat akibat positif covid-19.

Nasrul Abit terpilih menjadi Wakil Gubernur Sumbar mendampingi Irwan Prayitno pada periode 2016-2021. Sebelumnya, dia menjabat Bupati Pesisir Selatan dua periode pada 2005-2015 dan menjabat Wakil Bupati Pesisir Selatan 2000-2005.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement