Kamis 26 Aug 2021 23:09 WIB

Lapas Klas IIA Binjai Panen Raya Sayur Hidroponik

Taman hidroponik Lapas Klas II A Binjai berdiri sejak tahun 2016.

Tanaman hidroponik (ilustrasi)
Foto: BASRI MARZUKI/ANTARA
Tanaman hidroponik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BINJAI -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Binjai Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Utara panen raya sejumlah tumbuhan sayuram. Mulai bayam, samhong, kailan, sawi botol, dan kangkung dipanen dari Taman Hidroponik Lapas Binjai, Kamis (26/8).

Kalapas Klas IIA Binjai Maju A Siburian mengatakan, taman hidroponik tersebut berdiri sejak tahun 2016. Ia menyebutkan, selain sebagai contoh budidaya sayuran di dalam Lapas Binjai, taman hidroponik juga membawa dampak positif kepada warga binaan.

Baca Juga

"Sebagai wadah untuk belajar dan memperkaya ilmu untuk mereka gunakan jika ingin membuat kebun hidroponik sendiri ketika bebas nanti," ujarnya.

Maju mengatakan, permintaan sayuran Lapas Binjai juga cukup banyak, selain pegawai Lapas sendiri, juga Sat Brimob Polda Sumut Batalyon A, dan BNN Kota Binjai rutin memesan.

"Sebelumnya mereka harus memesan sayuran dari luar daerah, dan kini kita telah memproduksinya dengan sistem hidroponik," katanya.

Kalapas berharap, kegiatan ini merupakan langkah positif yang dapat memberikan dukungan agar warga binaan pemasyarakatan (WBP) semakin semangat berkarya, meningkatkan produk, meningkatkan kualitas produk. Ia berharap pembinaan di Lapas Binjai ini akan berguna, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement