Rabu 25 Aug 2021 07:39 WIB

1,8 Juta Jiwa di Tangerang Raya Sudah Divaksin Covid-19

Jumlah warga yang sudah divaksin di masing-masing wilayah itu sekitar 500 ribu orang.

Rep: Eva Rianti / Red: Mas Alamil Huda
Siswa sedang mengikuti program vaksinasi yang digelar SMP-SMA Labschool  Cirendeu, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (24/8).
Foto: dok labschool
Siswa sedang mengikuti program vaksinasi yang digelar SMP-SMA Labschool Cirendeu, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (24/8).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN – Sekitar 1,8 juta warga se-Tangerang Raya meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dan Kabupaten Tangerang sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Jumlah warga yang sudah divaksin di masing-masing wilayah tersebut sekitar 500 ribu hingga 700 ribu jiwa.

Pemerintah Kota Tangsel mencatat, hingga 24 Agustus 2021, realisasi vaksinasi Covid-19 dosis satu di Tangsel mencapai sekitar 489 ribu atau 46 persen dari target sebanyak 1,07 juta jiwa. Sementara realisasi vaksinasi dosis dua mencapai lebih dari 271 ribu atau 25 persen dari target.

“Dari target 1,07 juta orang, masyarakat yang divaksin tercapai 46 persen. Ada lima sasaran kelompok yang divaksin, yaitu tenaga kesehatan, lansia, petugas publik, masyarakat rentan dan masyarakat umum, serta remaja. Kalau cakupan dosis ketiga sudah 0,5 persen atau 4.118 untuk nakes,” kata Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Selasa (24/8).

Adapun, di Kabupaten Tangerang, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang dalam keterangannya pada Selasa (24/8) mencatat, lebih dari 550 ribu jiwa sudah divaksinasi dosis satu dan 260 ribu disuntik vaksin dosis dua. Angka capaian tersebut terbilang masih rendah untuk dapat mencapai target kekebalan kelompok atau herd immunity di Kabupaten Tangerang sebanyak 3 juta jiwa.

 

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang mencatat, jumlah warga di Kota Tangerang yang sudah divaksinasi mencapai lebih dari 747 ribu jiwa atau sekitar 64 persen dari target sebanyak 1,17 juta jiwa. Adapun capaian vaksinasi dosis dua tercatat sebanyak lebih dari 450 ribu jiwa atau hampir 40 persen dari target yang sama. 

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menuturkan, seiring dengan terus digencarkannya pelaksanaan vaksinasi di Kota Tangerang, angka kasus Covid-19 di wilayah penyangga Ibu Kota tersebut diklaim bergerak menurun. “Secara garis besar angka kasus Covid-19 di Kota Tangerang sudah mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini seiring dengan tingginya jumlah vaksinasi yang gencar dilakukan oleh Pemkot bersama instansi terkait,” kata Arief.

Wilayah Tangerang Raya diketahui telah memasuki level 3 dalam perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021, setelah sebelumnya bertengger di level 4. Seiring dengan turunnya level PPKM, para pimpinan daerah memastikan bakal terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk dapat secara masif menekan angka kasus Covid-19. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement