Selasa 24 Aug 2021 15:23 WIB

Lampung Mulai Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil

Ini menjadi perdana Lampung menggelar vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil.

Vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil mulai dilaksanakan di Provinsi Lampung.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil mulai dilaksanakan di Provinsi Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil mulai dilaksanakan di Provinsi Lampung. "Hari ini, kita laksanakan vaksinasi yang pertama kali di Lampung bagi ibu hamil," ujar Ketua POGI Cabang Lampung, dr Marzuqi, SpOG, di Bandarlampung, Selasa (24/8).

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil tersebut dilakukan untuk memberi perlindungan, menambah imunitas, serta menurunkan angka risiko kematian akibat COVID-19 bagi ibu hamil. "Kita lakukan percepatan vaksinasi ibu hamil ini gunanya melindungi mereka dari paparan COVID-19, sebab berdasarkan penelitian yang ada bagi ibu hamil yang terpapar COVID-19 akan mengalami pemberatan kondisi," katanya.

Baca Juga

Dia menjelaskan, kalau keadaan klinis ibu hamil akan lebih berat bila terpapar. Ibu hamil akan tiga kali lipat membutuhkan ICU, dan 1,9 kali lipat pasti membutuhkan pernafasan buatan.

"Selain itu ibu hamil pun 1 hingga 2 kali lebih berisiko mengalami perburukan kondisi hingga yang paling fatal ialah akan menyebabkan kematian," ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya risiko tersebut setelah dikeluarkannya rekomendasi bahwa vaksin aman bagi ibu hamil percepatan pelaksanaan vaksinasi dilakukan. "Jangka waktu ibu hamil ini sangatlah pendek hanya 9 bulan, jadi kita perlu cepat agar harapannya ibu hamil dan anak nantinya akan diberikan perlindungan melalui vaksinasi," katanya lagi.

Ia menjelaskan, dengan adanya vaksinasi pada hari ini merupakan salah satu bentuk edukasi kepada para ibu hamil agar mau ikut serta dalam vaksinasi. Hal ini juga menepis stigma bahwa vaksinasi bagi ibu hamil tidak aman.

"Harapan dari POGI Lampung melalui pelaksanaan vaksinasi COVID-19 hari ini, ibu hamil pada usia kandungan 13 pekan lebih dapat ikut serta dan vaksinasi ini aman bagi ibu ataupun bayi dalam kandungan," ujarnya pula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement