Senin 09 Aug 2021 17:18 WIB

BPIP Singgung Konten di Ruang Publik

Ruang publik juga harus dibangun dengan kesadaran solidaritas, gotong royong

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Budi Raharjo
Warga menyelesaikan mural bertema Berjuang Lawan Corona saat kerja bakti bersih lingkungan di Kampung Sewu Solo, Jawa Tengah, Ahad (8/8/2021). Selain menyambut HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, mural tersebut dibuat warga setempat untuk  memperindah kampung dan ajakan mematuhi protokol kesehatan agar merdeka dari pandemi COVID-19.
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Warga menyelesaikan mural bertema Berjuang Lawan Corona saat kerja bakti bersih lingkungan di Kampung Sewu Solo, Jawa Tengah, Ahad (8/8/2021). Selain menyambut HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, mural tersebut dibuat warga setempat untuk memperindah kampung dan ajakan mematuhi protokol kesehatan agar merdeka dari pandemi COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memaknai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-76, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak elemen masyarakat dan elite politik untuk membangun ruang publik dengan hal yang positif. Hal itu disampaikan oleh Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Susetyo.

Romo Benny mengingatkan kemerdekaan tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. "Kami harap peringatan HUT RI Ke-76 ini dimaknai dengan ruang publik dengan hal yang positif," kata Romo Benny dalam keterangan pers, Ahad (8/8).

Ruang publik juga harus dibangun dengan kesadaran solidaritas, gotong royong, bergandengan tangan untuk mengatasi pandemi Covid-19. "Bagaimana ruang-ruang itu dibangun dengan kesadaran solidaritas kemanusiaan yang luar biasa," tutur Romo Benny.

Selain tidak membuat gaduh, Romo Benny mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. "Dalam situasi seperti ini kan masih ada aja yang bikin gaduh berbeda pandangan politik," ujar Romo Benny.

"Kalau ada perbedaan pandangan politik harus dicari solisinya seperti apa, jangan justru memperkeruh situasi", lanjut Romo Benny. Romo Benny juga berharap masyarakat untuk memiliki kreativitas, inovasi dan optimisme Indonesia bisa terbebas dari Covid-19.

"Saya yakin jika kita sebagai masyarakat memiliki energi positif, maka Indonesia akan segera terbebas dari pandemi," ucap Romo Benny. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement