Jumat 13 Aug 2021 22:10 WIB

Gus Muhaimin: Kualitas Internet Tanggung Jawab Pemerintah

Kualitas jaringan internet merupakan kebutuhan mutlak saat ini

Kualitas jaringan internet merupakan kebutuhan mutlak saat ini. Jaringan internet (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Kualitas jaringan internet merupakan kebutuhan mutlak saat ini. Jaringan internet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan di era perkembangan teknologi informasi yang kian cepat banyak sekali tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia, utamanya berasal dari berbagai macam platform media sosial

“Banyak sekali tantangan, kendala dan dampak negatif dari media sosial. itu yang harus kita antisipasi,” Ungkap Gus Muhaimin, dalam sambutannya pada webinar dengan Kominfo yang bertajuk “Pemanfataan Media Digital Di Era Pandemi: Saring sebelum Sharing” Jumat, (13/8)

Baca Juga

Gus Muhaimin melanjutkan pemerintah memiliki tanggung jawab yang besar dalam penyediaan jaringan internet yang berkualitas sehingga masyarakat Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain.

“Saya berterimakasih pemerintah yang terus menyediakan infrastruktur untuk meningkatkan jaringan, kualitas dan mutu network internet kita, yang masih belum optimal sepenuhnya kualitas internet kita dan itu tugas pemerintah,” kata nya

 

Gus Muhaimin mengingatkan saat ini internet telah menjadi kebutuhan dasar manusia, oleh karena itu kemampuan negara dalam menyediakan jaringan internet dan dibarengi dengan kemampuan masyarakat Indonesia yang pemanfaatan internet akan mempengaruhi masa depan bangsa Indonesia. 

“Semaksimal mungkin internet kita harus melebihi negara-negara lain karena kualitas jaringan internet akan menentukan masa depan negara kita. kemampuan kita menyediakan sarana internet akan menentukan kecerdasan kita,” kata dia. 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut menambahkan DPR akan mendorong pemerintah agar terus memperbaiki kualitas internet negara Indonesia agar lebih baik dan mendorong pemerintah untuk menyediakan fasilitas internet yang terjangkau.   

“Kebutuhan internet ini mutlak, selain kualitas network tapi juga dibutuhkan harga yang murah dan harga yang terjangkau yang dibutuhkan masyarakat, DPR akan terus mendorong pemerintah untuk menuju jaringan yang berkualitas yang murah dan terjangkau. Karena untuk mengejar keceradasan, mengejar ketertinggalan kita salah satunya adalah dengan teknologi informasi,” kata dia.  

Sementara itu, Dosen Universitas Esa Unggul, Gun Gun Siswadi menyatakan salah satu prasyarat yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi negara yang maju di era internet seperti saat ini yaitu masyarakat perlu memiliki kemampuan literasi digital yang mempuni.  

“Pemerintah saat ini telah berupaya untuk menyediakan akses internet yang berkualitas, tapi hal tersebut juga harus dibarengi dengan kemampuan literasi digital masyarakat,” kata pria yang akrab di sapa Gun Gun.  

Sehingga kata dia, masyarakat mengetahui kegunaan dari internet seperti Internet sebagai sumber informasi yang mempermudah atau mempercepat pekerjaan, dan menambah pergaulan melalui jejaring sosial. 

Selain itu pula, ujar dia, dapat digunakan untuk bisnis online, membentuk kelompok diskusi, sebagai sumber belajar tambahan, Sarana pencari beasiswa dan loker, sarana pemasaran atau promosi, mendorong semakin mandiri, sebagai media hiburan, dan lain sebagainya.    

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement