Jumat 13 Aug 2021 10:53 WIB

Selama PPKM, Taman Kota di Jakpus Masih Tutup

Jangan sampai taman dan ruang terbuka hijau menjadi klaster penularan Covid-19.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI memasang sepanduk penutupan Taman Menteng, Jakarta Pusat.
Foto: MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA
Petugas Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI memasang sepanduk penutupan Taman Menteng, Jakarta Pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) masih menutup taman kota dan ruang terbuka hijau (RTH) lainnya selama penyesuaian aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di DKI Jakarta.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus, Mila Ananda, menjelaskan berdasarkan Surat Keterangan (SK) Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, taman dan hutan kota, tempat pemakaman umum (TPU) dan RTH ditutup hingga 16 Agustus 2021.

Penutupan dapat diperpanjang berdasarkan evaluasi oleh Satgas Covid-19 DKI. Adapun untuk TPU, penutupan dilakukan hanya untuk ziarah, namun tetap melayani prosesi pemakaman warga.

"Mal-mal memang sudah dibuka, tetapi Pemprov DKI mungkin masih melihat situasi agar pembukaan dilakukan bertahap, sehingga jangan sampai taman dan ruang terbuka hijau menjadi klaster penularan," kata Mila di Jakarta, Jumat (13/8).

Mila menjelaskan, meski sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta telah dibuka, Pemprov DKI menganggap pembukaan ruang publik baru bisa dilakukan secara bertahap. Pertimbangan lainnya, tidak semua taman kota, termasuk Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakpus memiliki petugas pengamanan.

Karena itu, sambung dia, terdapat penyesuaian aturan PPKM, hanya taman kota yang memiliki kelengkapan petugas pengamanan yang dibuka. Itu pun dengan jam operasional dan kapasitas pengunjung yang dibatasi.

"Belum semua taman di Jakarta Pusat ada petugas pengamanan untuk pengawasan ketat bukti vaksin. Yang kita khawatirkan adalah taman-taman di daerah padat penduduk karena sulit dikendalikan," kata Mila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement