Kamis 12 Aug 2021 16:14 WIB

400 Nakes di Kabupaten Tangerang Disuntik Vaksin Ketiga

Satgas menyasar 12 ribu nakes di Kabupaten Tangerang disuntik vaksin Moderna.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi.
Foto: Dok Pemkab Tangerang
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 400 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, telah menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga pada Senin (9/8).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, mengatakan, vaksin buatan Moderna itu hanya diberikan kepada nakes dengan sasaran 12 ribu orang.

"Sejak 9 Agustus sudah berjalan. Dan sekarang ada sekitar 400 orang atau 12 persen tenaga kesehatan yang sudah disuntik vaksin dosis ketiga," ucap Hendra di Kabupaten Tangerang, Kamis (12/8).

Dia menuturkan, pemberian vaksin dosis ketiga (booster) tersebut merupakan upaya untuk memberikan perlindungan yang maksimal terhadap nakes agar saat bertugas memberikan pelayanan maksimal kepada pasien Covid-19.

"Jadi karena tenaga kesehatan ini sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, maka Kemenkes mewajibkan para tenaga kesehatan mendapat dosis ketiga agar imunnya bisa lebih tinggi," kata Hendra.

Dia menuturkan, penyediaan pasokan dosis vaksin Covid-19 tersebut akan terus ditambah sampai seluruh nakes di Kabupaten Tangerang mendapat suntikan vaksin dosis ketiga.

"Untuk kuotanya sendiri kita kemarin mendapat dosis vaksin dari Pemprov Banten sebanyak 9.282, dan hari ini ada penambahan lagi sebanyak 3.000 vial," ujar Hendra.

Selain itu, ia menambahkan, dalam pelaksanaan penyuntikan vaksinasi Covid-19 Moderna, dilakukan di setiap rumah sakit (RS), puskesmas. maupun di klinik masing-masing, tempat nakes bekerja. "Sekarang tidak ada sentra vaksinasi, jadi dilaksanakannya di masing-masing tempat bertugas saja," ucap Hendra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement