Rabu 11 Aug 2021 21:29 WIB

YLKI: Hati-hati Terapkan Aturan Masuk Mal Sertifikat Vaksin

YLKI berharap aturan sertifikat vaksin diperjelas bagi daerah tinggi vaksinasi

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Suasana salah satu pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta, Rabu (11/8).Sejumlah pusat perbelanjaan dan mal di DKI Jakarta sudah kembali buka dengan menerapkan aturan terbaru setelah pemerintah memperpanjang kebijakan PPKM Level 4 hingga 16 Agustus 2021, Adapun aturannya antara lain pengunjung wajib menunjukkan sertifikat telah divaksin covid-19 dan kapasitas pengunjung mal hanya 25%.Prayogi/Republika
Foto:

Apalagi, dia menambahkan, positivity rate Indonesia belum aman karena menurut standar organisasi kesehatan dunia PBB (WHO) yang ideal yaitu dibawah 5 persen. Artinya, ia khawatir kalau kasus Covid-19 naik lagi kemudian karantina wilayah kembali dilakukan maka semua pihak rugi.

Oleh karena itu, Tulus meminta semua pihak memahami masalah ini karena kalau kenaikan kasus Covid-19 kembali terjadi maka pembatasan mobilisasi bisa kembali diberlakukan. "Jadi, mari kita patuhi. Kalau karantina lagi kan repot," ujarnya.

Lebih lanjut, Tulus merekomendasikan pemerintah bisa menyediakan sentra vaksinasi di mal, PD Pasar Jaya atau pasar lain. Menurutnya, ini juga upaya untuk mempercepat vaksinasi.

Sebelumnya, pemerintah mulai mengizinkan pembukaan pusat perbelanjaan atau mal di wilayah PPKM Level 4, dengan syarat pengunjung wajib memiliki sertifikat vaksin. Keputusan itu diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin (9/8).

Pengunjung mal wajib divaksinasi Covid-19 untuk bisa masuk ke mal selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jawa-Bali, 10 hingga 16 Agustus 2021. Petugas mal akan mengecek setiap pengunjung menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Semua orang yang hendak masuk ke Pusat Perbelanjaan diberlakukan wajib vaksinasi yang pemeriksaannya menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonsus Widjaja saat dikonfirmasi, Senin (9/8/2021) malam.

 

Ia mengimbau masyarakat yang ingin mengunjungi mal untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19. Selain itu, Alphonsus juga meminta masyarakat yang ingin datang ke mal untuk memiliki aplikasi PeduliLindungi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement