Rabu 04 Aug 2021 16:04 WIB

ITAGI: Terlalu Dini Bahas Dosis Booster untuk Masyarakat

ITAGI belum rekomendasikan dosis ketiga untuk masyarakat umum.

Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 Moderna yang digunakan untuk vaksinasi dosis ketiga di Rumah Sakit Bali Mandara, Denpasar, Bali, Rabu (4/8/2021). Pemberian booster atau dosis penguat ditujukan untuk memberikan perlindungan bagi para tenaga kesehatan yang langsung menangani pasien Covid-19.
Foto:

Julitasari menyebut, dosis ketiga vaksin untuk masyarakat umum di Indonesia belum terlalu mendesak untuk dilaksanakan. Terlebih, masyarakat yang telah menerima dua dosis vaksin masih terlindungi dari risiko kesakitan.

Bahkan, masyarakat yang telah pulih Covid-19 memiliki respons imun yang tinggi untuk mencegah penularan. Disinggung terkait penurunan titer antibodi pada jenis vaksin berplatform virus yang dimatikan, Julitasari mengatakan, hal itu bisa terjadi.

photo
Vaksinasi Covid-19 anak usia 12-17 tahun. - (Republika)

"Semua vaksin yang dimatikan tidak terlalu tinggi titer antibodi untuk jangka panjang. tiga bulan, enam bulan, satu tahun mulai turun," katanya.

Secara teori, menurut Julitasari, diperlukan suntikan dosis ketiga vaksin sebagai booster. Namun, ia meminta masyarakat untuk berpikir bijak, bahwa vaksin yang tersedia saat ini masih terbatas jumlahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement