Senin 26 Jul 2021 17:13 WIB

Wiku: Terlalu Dini Sebut Angka Kematian Tinggi karena Isoman

Satgas menilai terlalu dini simpulkan tingginya kematian pasien Covid karena Isoman.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bayu Hermawan
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto:

Pemerintah, imbuh Wiku, juga berupaya menambah fasilitas isolasi terpusat agar bisa lebih banyak menampung warga. Saat ini, tercatat ada 21.882 fasilitas isolasi mandiri terpusat di sejumlah wilayah aglomerasi di Indonesia. 

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, keterisian tempat tidur atau BOR untuk pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit di Indonesia kini menunjukan penurunan. Dari 430 ribu kapasitas tempat tidur di seluruh rumah sakit di Indonesia, sebanyak 92 ribu di antaranya telah terisi untuk pasien Covid-19 pada minggu lalu.

Namun saat ini, jumlah keterisian tempat tidur itupun semakin menurun dan berada di angka 82 ribu. Penurunan angka BOR ini khususnya terjadi di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

 

Di sisi lain, angka kematian akibat Covid-19 justru dilaporkan masih tinggi. Sepanjang 11 hari terakhir. angka kematian akibat Covid-19 selalu tembus 1.000 orang setiap hari. Reker kematian tertinggi sempat tercatat pada Jumat (23/7) lalu dengan 1.566 orang meninggal dalam sehari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement