Sabtu 24 Jul 2021 12:39 WIB

Warga Bersama Pemerintah Gelar Vaksinasi di Pasar Minggu

Kegiatan vaksinasi hasil kerja sama Republika, Unas, dan Puskesmas Pasar Minggu.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga secara drive thru di Jakarta Selatan.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga secara drive thru di Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capaian vaksinasi di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel) baru di angka 47,47 persen per Kamis (22/7). Data itu dilansir oleh Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jaksel.

Kelurahan Pasar Minggu pun menggelar percepatan vaksinasi dengan menggandeng Puskesmas Pasar Minggu, Republika, Universitas Nasional (Unas), dan Masjid Palapa. Vaksinasi tersebut diadakan setiap Sabtu, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Khusus untuk Sabtu (24/7), vaksinasi akan dilaksanakan di halaman kantor Kelurahan Pasar Minggu di Jalan Raya Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jaksel. Ketua RW 02, Kelurahan Pasar Minggu, Kecamatan Pasar Minggu, Nurrokhim mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk upaya warga membantu pemerintah.

Menurut dia, kegiatan vaksinasi massal dibentuk oleh Gugus Tugas Kelurahan hingga RT/RW. Nurrokhim mengatakan, vaksinator yang melaksanakan vaksinasi di Kelurahan Pasar Minggu, merupakan relawan dari warga RW 01 hingga RW 010 Kelurahan Pasar Minggu. Begitu juga dokter.

Dia menjelaskan, relawan tersebut diturunkan dalam bentuk membantu tugas tenaga kesehatan (nakes) dan para dokter puskesmas yang tugasnya sudah berat. Hanya saja, lanjut dia, pihak puskesmas ada yang dilibatkan sebagai pemegang data.

“Vaksinatornya dari relawan warga setempat. Dokternya juga dari wilayah. Tapi sebagai pemegang data tetap nakes dari puskesmas, karena dokter puskesmas sudah berat melayani warga yang sakit. Jadi biar mereka fokus,” ucapnya di Jakarta, Sabtu.

Dalam kegiatan percepatan vaksin Covid-19, melibatkan Lurah Pasar Minggu Gita Puspita Sari, Kepala Puskesmas Pasar Minggu Enny Maduretno, dan Kepala Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu Sri R Amelia.

"Kita bekerja sama dengan klinik-klinik di Pasar Minggu. Dari Universitas Nasional yang sekolah perawat dan klinik dari Masjid Palapa. Kenapa Sabtu? Karena hari libur. Biar warga gampang,” ujar Nurrokhim menambahkan.

Danramil Pasar Minggu, Mayor Arm Nawang mengatakan, pihaknya mendorong masyarakat untuk divaksinasi Covid-19 melalui Babinsa, Camat, Lurah, dan RT/RW setempat. Untuk mempercepat vaksinasi, giat vaksinasi tidak hanya dilakukan di puskesmas, tapi juga di pusat perbelanjaan.

“Kita mendorong semuanya lewat pemerintah wilayah setempat, kita dorong warga untuk vaksin. Melalui puskesmas, juga di mal seperti di Pejaten Village, Citos, dan di Transmart,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement