Jumat 23 Jul 2021 22:19 WIB

GoTo Bangun Rumah Oksigen Gotong Royong

GoTo menginisiasi fasilitas rumah oksigen gotong royong.

Rep: Novita Intan/ Red: Bayu Hermawan
Garibaldi Thohir
Foto: Prayogi/Republika.
Garibaldi Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup teknologi raksasa GoTo menginisiasi fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong. GoTo menggandeng  Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) serta PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group) untuk menyediakan oksigen demi perawatan pasien Covid-19.

CEO GoTo, Andre Soelistyo, mengatakan adanya fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong ini maka pasien Covid-19 bisa mendapatkan akses mudah kepada suplai oksigen. "Tempat tidur perawatan sekaligus kepada fasilitas ke berbagai rumah sakit terdekat," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (23/7).

Baca Juga

Sementara itu, Komisaris GoTo, Garibaldi Thohir, mengatakan pendirian fasilitas ini didasari pada beratnya beban pemerintah dalam mendistribusikan tabung oksigen kepada pasien Covid-19.

"Untuk itulah maka kami, selaku pengusaha yang beroperasi di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa hadir dan berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Harapan kami, fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong ini dapat meringankan beban pemerintah dan masyarakat sehingga kita bisa segera melalui masa sulit ini bersama-sama," ujarnya.

Boy, yang juga Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk dan Wakil Ketua Umum (WKU) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Sumber Daya Mineral, Batubara dan Kelistrikan menambahkan, perumusan konsep dan pengerjaan Rumah Oksigen Gotong Royong bersama dengan anggota KADIN Indonesia dilakukan dalam waktu cepat. Saat ini fasilitas tersebut memasuki tahap finalisasi dan siap untuk diluncurkan dalam waktu dekat. Nantinya, masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini melalui telemedicine Halodoc.

Rumah oksigen ini merupakan fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi warga terpapar Covid-19 dengan gejala sedang. Fasilitas ini didirikan di sebelah kawasan pabrik Samator Group yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Pembangunannya dilakukan di atas lahan yang disediakan oleh PT Master Steel dan didukung oleh PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan Rumah Oksigen.

Pembangunan Rumah Oksigen juga diapresiasi oleh pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bahkan sempat meninjau Rumah Oksigen ini pada Minggu (18/7). "Ini adalah salah satu contoh yang baik dari peran aktif swasta dalam membantu penanganan Covid-19 demi rakyat. Kita perlu bersama-sama dalam menghadapi Covid-19, ini tantangan kita bersama," kata Luhut.

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid menjelaskan Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan salah satu upaya dunia usaha dalam mendukung penanganan Covid-19. "Kebutuhan oksigen bagi warga terpapar Covid-19 menjadi hal yang mendesak di tengah pandemi saat ini,” kata Arsjad. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement