REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat Suprapto mengatakan dengan adanya fasilitas mandiri (self service application) penumpang kereta kini tak perlu lagi ke loket stasiun, terutama ketika melakukan pembelian tiket go show atau pembatalan.
"Vending machine sebelumnya hanya bisa digunakan untuk mencetak tiket masuk, namun saat ini ditambah fasilitas self service application," katanya, Jumat (23/7).
Terdapat fitur-fitur yang dapat digunakan oleh para calon penumpang, seperti cetak tiket secara mandiri, pemesanan go show tiket KA lokal dan jarak jauh, dan proses ubah jadwal tiket. "Selanjutnya ada juga fitur pembatalan tiket KA, informasi seputar vending machine, dan tambah tiket bagi bayi," ujarnya.
Menurutnya, penambahan fitur-fitur tersebut karena masyarakat menyukai hal yang serba efisien dan instan. Aplikasi tersebut juga merupakan pengembangan layanan RTS 4.0 guna melayani para penumpang yang sudah berada atau terlanjur ke stasiun dan belum mempunyai tiket.
Dalam tahap permulaan ini, bagi proses pemesanan tiket KA, pelanggan KA baru bisa memesan tiket untuk keberangkatan pada hari H dan tempat stasiun keberangkatan harus sesuai dengan tempat proses transaksi layanan SSA. "Dengan adanya penambahan fasilitas layanan ini, bisa meningkatkan pelayanan bagi para pengguna jasa Kereta Api dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan," katanya.