Rabu 14 Jul 2021 06:13 WIB

Indonesia Kembali Terima 3 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca

Indonesia kembali terima tiga juta dosis vaksin AstraZeneca melalui Covax.

Rep: Fergi Nadira Bach/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi
Foto:

Dalam data WHO, hingga hari ini, Selasa (13/7), dunia telah memvaksinasi 3,5 miliar dosis vaksin atau mendekati 44 persen populasi dunia. Namun demikian, Retno meyanyangkan bahwa akses vaksin dunia masih tidak merata. 

Kawasan Amerika Utara dan Eropa semisal, dosis yang telah disuntikkan telah mencapai sekitar 75 persen populasi. Sedangkan Afrika baru 4,03 persen dan kawasan ASEAN 16,3 persen dari jumlah populasinya.

Dirjen WHO memperkirakan perlu adanya tambahan vaksin sekitar 350 juta dosis, untuk memvaksinasi setidaknya 10 persen populasi di setiap negara pada September 2021, dan memerlukan 11 miliar dosis untuk memvaksinasi 70 persen populasi dunia pada pertengahan 2022.

"Ini tentunya merupakan tantangan yang tidak kecil. Namun, melalui kerja sama, melalui kolaborasi dan solidaritas tantangan ini akan dapat diatasi, dilalui bersama," ujar Menlu.

Retno menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia akan terus bekerja keras mengamankan kebutuhan vaksin untuk Indonesia dan terus mendorong pada tingkat dunia kesetaraan akses vaksin bagi semua negara. Sebab kesehatan dan keselamatan rakyat adalah prioritas utama.

"Terus patuhi protokol kesehatan dan batasi mobilitas untuk sementara waktu, memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan Insya Allah dengan ikhtiar kira semua dengan kerja keras, kedisiplinan, dan persatuan seluruh elemen bangsa, kita akan segera dapat keluar dari pandemi ini," kata Menlu Retno.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement