Selasa 13 Jul 2021 18:26 WIB

Ringankan Kerja Bea Cukai, Mahasiswa UBSI Ciptakan Siarsip

Mahasiswa UBSI hibahkan Siarsip kepada KPP Bea Cukai TMPT A Purwakarta

Kelompok mahasiswa yang terdiri dari Jason Alexander, Ahmad Junaedi dan Ferdinand Matthew F pun langsung menghibahkan kepada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMPT A Purwakarta.
Foto: UBSI
Kelompok mahasiswa yang terdiri dari Jason Alexander, Ahmad Junaedi dan Ferdinand Matthew F pun langsung menghibahkan kepada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMPT A Purwakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Universitas BSI kampus Karawang hibahkan aplikasi ciptaan mahasiswa prodi Sistem Informasi demi ringankan pekerjaan di lingkungan perusahaan.

Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen BC 2.5 atau Siarsip ini diciptakan oleh kelompok mahasiswa dari prodi Sistem Informasi. Kelompok mahasiswa yang terdiri dari Jason Alexander, Ahmad Junaedi dan Ferdinand Matthew F pun langsung menghibahkan kepada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMPT A Purwakarta.

Penyerahan Siarsip diterima langsung oleh Kepala Seksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen, Agus Eko Prasetyo. Dalam menciptakan aplikasi ini, mereka juga melakukan praktek kerja lapangan selama tiga bulan di kantor tersebut.

Menurut Jason, Siarsip merupakan website yang dapat mengelola pekerjaan dan kegiatan seperti pengarsipan dokumen BC 2.5.“Tujuan pembuatan web ini untuk membantu staf PKC dan staf PDAD dalam proses pengarsipan dokumen, pembuatan laporan dan pendataan peminjaman dokumen,” pungkas Jason, Senin (5/7) lalu.

Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Karawang, Abdussomad, sekaligus sebagai dosen pembimbingnya berharap Siarsip bermanfaat bagi Bea Cukai.

“Semoga aplikasi Siarsip bisa bermanfaat bagi pihak Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMPT A Purwakarta. Sehingga dapat memudahkan proses pengarsipan dokumen BC 2.5 seperti yang diharapkan,” ujar Abdussomad, Senin (5/7) lalu.

Eka Fitriani selaku dosen pembimbingnya memberikan apresiasi terhadap ketiganya. Karena mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan selama kuliah dalam menjawab kebutuhan masyarakat atau industri dengan menciptakan Siarsip.

“Semoga dengan adanya Aplikasi Siarsip ini dapat memotivasi mahasiswa lainnya dengan menghadirkan aplikasi baru dalam menjawab kebutuhan masyarakat kedepannya,” tandas Eka, Senin (5/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement