Jumat 02 Jul 2021 06:55 WIB

Persentase Kematian Lansia Tertinggi di 5 Provinsi di Jawa

Persentase kematian kelompok usia lansia tercatat tertinggi di lima provinsi di Jawa

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Petugas medis mengecek kesehatan warga lansia sebelum disuntikkan vaksin COVID-19 saat pelaksanaan vaksinasi
Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Petugas medis mengecek kesehatan warga lansia sebelum disuntikkan vaksin COVID-19 saat pelaksanaan vaksinasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, angka persentase kematian pada kelompok usia lansia tercatat paling tinggi di lima provinsi di Pulau Jawa yang berkontribusi terbesar pada kasus kematian. Satgas mencatat, terdapat sekitar 5-19 persen kelompok lansia yang terkena Covid-19 meninggal dunia.

Pada puncak pandemi Covid-19 kedua di Indonesia ini, lima provinsi di Pulau Jawa tercatat menyumbang tertinggi kasus kematian. Yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan juga Jawa Tengah.

“Di kelima provinsi, persentase kematian yang paling tinggi terjadi pada kelompok usia lansia. Hal ini disebabkan oleh tingginya komorbid pada lansia, serta imunitas yang semakin menurun seiring bertambahnya usia. Sekitar 5-19 persen lansia yang terkena Covid-19 meninggal dunia,” jelas Wiku dalam paparannya.

Karena itu, Wiku mengatakan agar fokus pencegahan kematian juga dilakukan berdasarkan kelompok usia yang paling rentan. Wiku melanjutkan, meskipun kematian yang terjadi di kelompok anak tidak setinggi kelompok dewasa dan lansia, namun kelompok anak juga bisa menjadi rentan jika tidak mendapatkan pengawasan.

Hampir di kelima provinsi tersebut, kematian pada kelompok anak didominasi oleh balita yakni sekitar 30-50 persen dari total kematian anak.

“Untuk itu, dimohon kepada seluruh pemerintah provinsi untuk melihat lebih dalam pada kematian akibat Covid-19 dengan memastikan data kematian menjadi salah satu yang harus dipantau secara berkala. Khusus pada lima provinsi ini, kenaikan kematian yang tinggi ini harus segera dimitigasi dengan tindakan-tindakan konkret,” kata dia.

Upaya yang perlu dilakukan untuk menekan angka kematian pada kelompok rentan ini adalah dengan membatasi aktivitas lansia, anak-anak khususnya balita, maupun kelompok rentan lainnya di ruang publik.

Wiku pun meminta agar masyarakat yang tinggal bersama lansia agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan bahkan di dalam rumah. Jika baru pulang dari bepergian, pastikan agar segera membersihkan diri sebelum berkontak dengan lansia.

“Jika mengalami gejala Covid-19 atau kontak erat dengan orang positif, mohon untuk membatasi interaksi dengan lansia untuk sementara waktu sampai benar-benar aman,” tambah Wiku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement