Jumat 02 Jul 2021 04:57 WIB

RSUD Kota Tangerang Tutup Sementara Layanan Rawat Jalan

Saat ini RSUD Kota Tangerang sementara waktu hanya melayani pasien Covid-19

Rep: Eva Rianti/ Red: Hiru Muhammad
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Kota Tangerang
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID TANGERANG--RSUD Kota Tangerang menghentikan sementara layanan kesehatan bagi pasien rawat jalan mulai Kamis (1/7). Penutupan pada layanan tersebut dilakukan seiring dengan beralihnya fokus penanganan pada pasien Covid-19 dan pasien dalam kedaruratan khusus di RS tersebut. 

Kepala Humas RSUD Kota Tangerang Tintin Supriatin menuturkan, layanan rawat jalan ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. "Yang tutup layanan rawat jalan sampai dinyatakan aman," ujar Tintin kepada wartawan, Kamis (1/7).

Dia menyebut saat ini RSUD Kota Tangerang sementara waktu hanya melayani pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. Juga layanan ruang instalasi gawat darurat (IGD) dan pelayanan perawatan khusus lainnya. "Sejak 1 Juli 2021 ini kami hanya melayani IGD dan layanan perawatan pasien khusus Covid-19 dengan kondisi sedang dan berat," katanya. 

Tintin menjelaskan, alasan penutupan sementara layanan rawat jalan lantaran melonjaknya pasien Covid-19 di RS tersebut. Jumlahnya diketahui lebih banyak dibandingkan dengan pasien umum. Selain itu, lanjutnya, hal itu dilakukan guna mengantisipasi adanya risiko penyebaran Covid-19 bagi pengunjung RS. 

Data RSUD Kota Tangerang menunjukkan, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di fasilitas kesehatan itu penuh. Jumlah tempat tidur sebanyak 210 unit telah terisi keseluruhannya. Data yang sama menunjukkan terdapat 52 pasien Covid-19 yang mengantre untuk memperoleh tempat tidur di IGD, atau masuk dalam daftar waiting list. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement