Rabu 16 Jun 2021 01:25 WIB

Vaksin Terbukti Mampu Lindungi Diri dari Mutasi Covid-19

Penelitian menyebut tidak ada vaksin yang tak efektif menangkal mutasi virus Covid-19

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 AstraZeneca saat vaksinasi massal di GOR UNY, Yogyakarta, Selasa (15/6).Penelitian menyebut tidak ada vaksin yang tak efektif menangkal mutasi virus Covid-19
Foto:

Di sisi lain, Rizky Ika Safitri, Communication Specialist UNICEF, juga menyarankan penggunaan komunikasi sederhana yang mudah dipahami masyarakat akan turut membantu menyukseskan program vaksinasi. Pemerintah juga terus berupaya mendatangkan vaksin COVID-19 melalui beragam jalur untuk  menyukseskan program vaksinasi. 

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi Bio Farma Bambang Heriyanto menyampaikan hingga akhir 2021, produsen vaksin seperti Sinovac sudah memberikan komitmen mengirimkan vaksin dalam bentuk bulk sejumlah 260 juta dosis. Ada juga vaksin yang 

akan didatangkan dari jalur kerja sama multilateral atau fasilitas COVAX yang kini telah datang  sebanyak 8 juta dosis.

“Kemudian kita juga punya sumber lain dari perjanjian bilateral dengan AstraZeneca dengan  komitmen sebesar 50 juta, Novavac 50 juta, dan apabila dari COVAX kita bisa mendapatkan komitmen hingga 20 persen dari jumlah penduduk, kita bisa mencukupi kebutuhan dosis vaksin untuk herd immunity,” ujar Bambang Heriyanto.

Menurutnya, jika kedua belah pihak bisa bekerja sama dengan baik, semua masalah mengenai vaksinasi bisa teratasi. Kalau seandainya semua sudah divaksinasi, ia kembali mengingatkan semua harus mengingatkan vaksin bukan satu-satunya cara untuk mengalahkan virus ini.

"Jadi yang sudah mulai longgar protokol kesehatannya karena adanya program vaksinasi harus kita perketat protokol kesehatan kita lagi  karena adanya mutasi virus baru yang sudah bertransmisi lokal,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement