Selasa 15 Jun 2021 22:01 WIB

BMKG: Sebagian Wilayah Riau Sudah Masuk Kemarau

Curah hujan di sebagian wilayah Riau sudah jauh berkurang dari biasanya.

Saat ini sebagian wilayah Riau sudah memasuki musim kemarau kering.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Saat ini sebagian wilayah Riau sudah memasuki musim kemarau kering.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meterologi Pekanbaru, Ramlan, mengatakan, saat ini sebagian wilayah Riau sudah memasuki musim kemarau kering. Hal ini mengakibatkan curah hujan sudah jauh berkurang dari biasanya.

"Musim kemarau yang dialami Provinsi Riau tahun 2021 dalam kondisi normal, artinya pengaruh La Nina ataupun El Nino dalam kondisi netral," kata Ramlan di Pekanbaru, Selasa (15/6).

Baca Juga

Dia mengatakan, di beberapa wilayah di Riau pada Juni 2021 masih terjadi hujan yang sifatnya sesaat dalam lingkup tidak terlalu luas atau sporadis. Kondisi cuaca demikian, katanya, terjadi di beberapa wilayah di Rohul, Pelalawan, Dumai, Kampar, Siak, Inhu dan Pekanbaru.

"Musim kemarau diperkirakan terjadi Juni-September 2021," kata Ramlan.

Sementara itu, katanya lagi, prakiraan cuaca untuk Riau sendiri cenderung cerah dan cerah berawan untuk seminggu ke depan. Meskipun ada hujan dengan intensitas ringan, katanya, itu terjadi di beberapa wilayah di Riau, biasanya terjadi pada malam hari.

"Untuk suhu udara cenderung lebih panas dari biasanya, karena suhu udara bisa mencapai 34 derajat Celcius dengan kelembaban udara berada pada 50 hingga 95 persen," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement