Selasa 08 Jun 2021 12:26 WIB

Ridwan Kamil Masih Bisa Bercanda Menghadapi Pandemi

Sebanyak 99 persen kasus Covid-19 dapat sembuh dan sedang dalam proses penyembuhan.

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sudah lebih dari satu tahun Covid-19 hadir di Indonesia. Namun, hingga kini belum ada kepastian kapan pandemi akan berakhir. Namun, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwab Kamil masih bisa "bercanda" dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Candaan itu disampaikannya dalam menyambut Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin di Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (8/6). Kang Emil--sapaan Ridwan Kamil--mengabarkan dan meminta doa kepada Wapres terkait kondisi Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang terpapar Covid-19.

"Kami mohon doanya, karena Wagub kami sedang isolasi mandiri karena terpapar covid dua hari lalu. Mudah-mudahan secepatnya pulih," kata dia di Tasikmalaya, Selasa (8/6).

Dia menyebutkan, tingkat kematian kasue Covid-19 di Jabar hanya 1 persen. Menurut dia, angka itu merupakan salah satu yang terendah dibandingkan dengan provinsi lainnya. 

Menurut Emil, sebanyak 99 persen kasus Covid-19 dapat sembuh dan sedang dalam proses penyembuhan. 

"Itu karena mungkin orang Jawa Barat hobi makan lalap. Jadi komorbidnya sedikit dibanding provinsi-provinsi lain," selorohnya.

Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Pemerintah Provinsi Jabar hingga Senin (7/6), total kasus terkonfirmasi positif di daerah itu berjumlah kasus. Terdapat penambahan sebanyak 1.790 kasus dari sehari sebelumnya. 

Dari total kasus itu, sebanyak 21.019 orang masih dalam perawatan, 296.198 orang telah sembuh, dan orang meninggal dunia. Artinya, angka kematian akibat Covid-19 di Jabar berkisar 1,3 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement