Senin 07 Jun 2021 18:56 WIB

Vietnam Vs Indonesia, Garuda Siap Kembali Tampil Trengginas

Didominasi pemain muda, timnas Indonesia membuat Thailand tersentak.

Pesepak bola timnas Indonesia I Kadek Agung (kiri) berselebrasi usai membobol gawang timnas Thailand dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6/2021) malam. Timnas Indonesia menahan seri 2-2 timnas Thailand dalam pertandingan tersebut
Foto:

Berkaca dari pertandingan-pertandingan timnas U-19 saat beruji coba di Kroasia pada 2020, Shin Tae-yong bukanlah pelatih yang gemar mengotak-atik tim utama. Oleh sebab itu, besar kemungkinan skuad yang bermain seri 2-2 dengan Thailand akan dipertahankan saat berjumpa Vietnam.

Evan Dimas akan kembali diplot sebagai penyerang palsu atau false nine di lini depan. Dikatakan palsu karena pemain berusia 26 tahun tersebut sejatinya berperan pula sebagai pengatur serangan dan tak jarang membantu kinerja lini tengah.

Dari sisi Evan Dimas, Kushedya Yudo sepertinya tidak akan diganti, tetapi pemain lain seperti Saddam Gaffar atau Osvaldo Haay bisa menjadi pilihan yang bagus dalam sebelas pertama. Nama-nama seperti Syahrian Abimanyu dan I Kadek Agung, masing-masing membuat assist'dan gol dalam pertandingan versus Thailand, tampaknya juga masih akan mengawal lini tengah.

Egy Maulana dan Witan Sulaeman diproyeksikan tetap menjadi gelandang serang melebar kanan-kiri. Lalu duet bek Pratama Arhan-Asnawi Mangkualam juga cocok meredam serangan dari sayap. Posisi kiper masih baik jika diberikan kepada Nadeo Argawinata.

Satu-satunya yang mungkin dapat berubah adalah sektor bek tengah. Pasangan Arif Satria-Rizky Ridho sepertinya belum terlalu padu. Untuk ini, masih ada pilihan lain seperti Rachmad Irianto dan Didik Wahyu.

Dari sisi Vietnam, laga melawan Indonesia merupakan pertandingan pertama mereka saat pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dipusatkan di Dubai, Uni Emirat Arab. Namun, melihat laga-laga sebelumnya, Park Hang-seo terlihat masih akan mengandalkan penyerang Nguyen Tien Linh.

Striker berusia 23 tahun itu dikenal suka beradu cepat dengan bek lawan sebelum melesakkan gol. Di tengah, Park sepertinya menurunkan Nguyen Hoang Duc, lalu di belakang akan ada bek yang sempat membuat Evan Dimas cedera dalam final sepak bola putra SEA Games 2019, Doan Van Hau.

Lalu di bawah mistar gawang, penjaga gawang kelahiran Moskow Van Lam Dang sulit untuk disingkirkan. Tidak ada tim yang tak bisa dikalahkan, termasuk Vietnam. Kalau disiplin dan mampu memanfaatkan setiap kesempatan, Indonesia pasti mampu meraup tiga angka.

 

photo
pemain muda di euro 2020 - (Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement