Senin 07 Jun 2021 13:00 WIB

Ridwan Kamil Minta Pemerintah Lobi Kembali Arab Saudi

Ridwan Kamil berharap ini bukan keputusan final dari Arab Saudi

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku sedih dengan keputusan Indonesia gagal memberangkatkan jamaah haji pada 2021. (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku sedih dengan keputusan Indonesia gagal memberangkatkan jamaah haji pada 2021. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku sedih dengan keputusan Indonesia gagal memberangkatkan jamaah haji pada 2021 ini. Menurutnya, dengan adanya keputusan itu ia sangat sedih.

"Karena ini kali kedua kita tidak bisa melaksanakan haji apalagi umrah. Apalagi sejak tahun lalu saya sudah persiapan jadi amirul Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, Senin (7/6).

Emil mengatakan, ia meminta mereka yang sudah siap sesuai jatahnya harus ikhlas dan bersabar. "Karena bagaimanapun qodarullah seperti ini," katanya.

Ketiga, kata dia, kalau masih ada waktu dan kesempatan ia memohon pemerintah pusat untuk melobi pemerintah Arab Saudi lagi. "Cobalah sekali lagi melobi kira-kira begitu. Kenapa, karena saya meyakini Pemerintah Saudi sahabat bangsa Indonesia selama kita bisa meyakinkan protokol kesehatan, terseleksi, sudah divaksin, dites PCR dan lain-lain, saya kira bisa lah sekian persen yang diberangkatkan jangan nol sama sekali," paparnya.

Emil berharap, ikhtiar diplomatik tersebut bisa sukses. Sehingga, masih terbuka kesempatan untuk jamaah haji Indonesia diberangkatkan. "Mudah-mudahan ikhtiar diplomatik ini masih bisa diupayakan sebelum betul-betul final bahwa dari Arab Saudi menolak. Tapi saya berdoa harapan itu masih dibuka," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement