Rabu 02 Jun 2021 16:19 WIB

Ganjar Jelaskan Pentingnya Bandara Jenderal Besar Soedirman

Bandara ini mulai beroperasi kemarin, Selasa (1/6).

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Runway Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, menjelang pengoperasian oleh Angkasa Pura II.
Foto: AP II
Runway Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, menjelang pengoperasian oleh Angkasa Pura II.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG— Beroperasinya Bandar Udara (Bandara) Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah disebut bakal menjadi babak baru pengembangan wilayah Jawa Tengah, khususnya bagian selatan- barat.

Keberadaan bandara yang sebelumnya bernama Wirasab tersebut juga dinilai akan mendorong dan membuka peluang kerjasama antar daerah di kawasan tersebut, guna memacu kemajuan wilayahnya.

“Tentunya, dengan keberadaan Bandara JBS ini akan memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan kawasan Jawa Tengah bagian selatan dan barat,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (2/6).

Menurut Ganjar, Bandara JBS telah beroperasi mulai 1 Juni 2021 kemarin. Kehadiran bandara yang terletak 11 kilometer di selatan pusat Kabupaten Purbalingga tersebut, menurutnya juga sangat penting. Itu karena dengan adanya fasilitas layanan penerbangan tersebut, diharapkan bisa memberi kontribusi positif bagi pengembangan wilayah, di kawasan Jawa Tengah bagian selatan dan barat.

“Tidak hanya Kabupaten Purbalingga, melainkan juga daerah lain seperti Kabupaten Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Wonosobo, Brebes, Tegal bahkan hingga Pemalang,” katanya.

Gubernur juga mengungkapkan, beroperasinya Bandara JBS Purbalingga, merupakan mimpinya sejak lama, tepatnya saat ia masih menjadi legislator di DPR RI.

“Saat itu saya memang memimpikan, bagaimana wilayah selatan Jawa Tengah memiliki bandara yang dapat mendorong kemajuan kawasan Jawa Tengah di kawasan selatan dan barat, dan akhirnya sekarang terwujud,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement